Harga Pertalite Hingga LPG 3 Kg Dipastikan Tidak Naik

Nusantaratv.com - 21/05/2022 12:20

Antrean pengendara motor yang ingin membeli BBM Pertalite/ist
Antrean pengendara motor yang ingin membeli BBM Pertalite/ist

Penulis: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Kabar baik bagi masyarakat yang sempat khawatir bakal terjadi kenaikan harga bahan bakar Pertalite hingga gas elpiji 3 kilogram. Pasalnya, dipastikan, harga pertalite hingga LPG 3 kg tidak akan naik.

Kepastian harga pertalite hingga LPG 3 kg tidak akan naik, menyusul langkah pemerintah menambah subsidi energi dalam APBN 2022.

Pemerintah menaikkan seluruh subsidi dan kompensasi mencapai Rp350 triliun di atas subsidi energi sekarang yang sudah mencapai Rp154 triliun

"Ini tujuannya agar Pertalite, Solar, minyak tanah, LPG 3 kg, dan listrik bisa tetap dijaga harganya karena pemulihan ekonomi masih dalam tahap yang sangat awal dan harus kita jaga," ungkap Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.

Apalagi, sambung Sri Mulyani, daya beli masyarakat masih belum sepenuhnya pulih. Atas dasar itu, pihaknya memperoleh persetujuan dari Badan Anggaran (Banggar) DPR RI untuk menambah belanja Rp393 triliun.

Baca juga: Harga BBM Pertalite dan LPG 3Kg Dikabarkan Bakal Naik, Ini Kata Erick Thohir

"Yang untuk subsidi sendiri dan kompensasi Rp350 triliun, Artinya, masyarakat sebagian sangat besar semuanya terlindungi dengan tambahan Rp350 triliun tambahan subsidi kompensasi, masyarakat semua yang mengonsumsi Pertalite, Diesel, kemudian minyak tanah, LPG 3 kg, dan listrik," ujar Sri.

Diketahui, sebelumnya, Menteri ESDM Arifin Tasrif memberi sinyal harga BBM subsidi seperti harga Pertalite dan solar subsidi akan naik. Tak hanya BBM, harga LPG 3 kg juga akan naik.

Arifin Tasrif menilai kenaikan harga Pertalite dan Solar merupakan langkah strategis pemerintah dalam menghadapi dampak kenaikan harga minyak mentah dunia.

Muncul usulan harga Pertalite naik Rp2.000-Rp3.000. Saat ini harga Pertalite Rp7.650 per liter. 

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in