Hancurkan Timnas Indonesia 4-0 di Final Leg 1 Piala AFF, 'Satu Kaki' Thailand Injak Tangga Juara

Nusantaratv.com - 29 Desember 2021

Final leg 1 Piala AFF timnas Indonesia versus Thailand
Final leg 1 Piala AFF timnas Indonesia versus Thailand

Penulis: Ramses Manurung

Jakarta, Nusantaratv.com-Di luar dugaan, Thailand tampil perkasa dan mengalahkan Timnas Indonesia dengan skor telak 4-0 pada laga final leg 1 Piala AFF 2020  di Stadion Nasional, Singapura, Rabu (29/12/2021).

Kemenangan besar ini tak pelak menghantarkan 'satu kaki' Thailand menginjak tangga juara Piala AFF 2020. Praktis tim besutan Alexandre Polking hanya butuh hasil seri atau kalaupun kalah tidak lebih dari empat gol pada final leg kedua yang akan berlangsung pada Sabtu 1 Januari 2022 mendatang. 

Sebaliknya bagi Timnas Indonesia kekalahan telak ini menipiskan peluang untuk merebut gelar juara. Secara matematis tim besutan harus bisa menang dengan skor 5-0 pada final leg 2 untuk merebut gelar juara.

Thailand mengawali suksesnya memenangkan fina leg 1 pada malam ini lewat gol cepat saat laga baru berlangsung 2 menit yang dicetak Chanathip Songkrasin. Menerima umpan dari Philip Roller, Chanathip langsung lepaskan tembakan keras yang membuat kiper Timnas Indonesia Nadeo mati langkah. 

Hingga babak pertama berakhir skor bertahan 1-0 untuk keunggulan Thailand. 

Guna mengejar ketinggakan pelatih Shin Tae Yong melakukan pergantian tiga pemain sekaligus sejak awal babak kedua.

Elkan Baggott menggantikan Fachruddin Aryanto, Kadek Agung untuk Edo Febriansah, dan Evan Dimas untuk Rachmat Irianto.

Namun Thailand berhasil menggandakan keunggulan menjadi 2-0 lewat gol Chanathip Songkrasin pada menit ke-52.   

Menerima umpan matang Supachok, Songkrasin tidak menyia-nyiakannya. Tembakan mendatar Songkrasin menembus gawang Nadeo untuk kedua kalinya.

Baca juga: Jelang Final Piala AFF, Pelatih Thailand 'Sesumbar' Timnya Unggul Penguasaan Bola atas Indonesia

Meski tertinggal 0-2, skuad Garuda tetap gencar melakukan serangan. Irfan Jaya memiliki peluang bagus guna memperkecil kedudukan jadi 1-2. Sayang, penyelesaian akhir Irfan yang buruk setelah menerima umpan terbosan Ricky Kambuaya membuat Indonesia tetap tertinggal 0-2.

Lagi pada menit ke-62 Irfan mendapat peluang untuk mencetak gol setelah menerima assist dari Ricky. Saat berhadapan dengan kiper Siwarak Tedsungnoen, tendangan Irfan masih membentur kaki kiper.

Thailand menjauh dengan keunggulan 3-0 pada menit ke-67 lewat tembakan Supachok Sarachat dari luar kotak penalti.

Pada menit ke-78 Dedik Setiawan terjatuh di kotak penalti saat berebut bola dengan kiper pengganti Kawin Thamsatchanan.

Namun wasit Alhunfush Shukri Hussain tidak menganggap insiden itu sebagai pelanggaran oleh Thailand. Dedik dianggap diving dan diberi kartu kuning.

Bordin Phala menggenapi keunggulan Thailand menjadi 4-0 pada menit ke-83. 

Meski tertinggal 0-4, Indonesia masih bisa memberikan ancaman kepada Thailand. Pada menit ke-88 setelah menerima bola dari Asnawi, Dedik melepaskan tembakan, tetapi masih melenceng di sisi kiri gawang Kawin. Tanpa tambahan gol pada sisa laga, Thailand menang telak 4-0 atas Indonesia di leg pertama final Piala AFF, mengutip CNNIndonesiacom.

Susunan Pemain Indonesia vs Thailand:

Timnas Indonesia: Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, Edo Febriansah; Rachmat Irianto, Alfeandra Dewangga; Witan Sulaeman, Ricky Kambuaya, Irfan Jaya; Dedik Setiawan

Thailand: Siwarak Tedsungnoen; Yusef Elias, Philip Roller, Tristan Do; Supachok Sarachat, Phitiwat Sookjitthammakul, Chanathip Sonkrasin, Kritsada Kaman, Weerathep Pomphun; Bordin Phala, Teerasil Dangda

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])