Hampir 80 Persen Kendaraan Listrik Kuasai Penjualan di Norwegia

Nusantaratv.com - 02 Oktober 2021

Ilustrasi kendaraan listrik. (Net)
Ilustrasi kendaraan listrik. (Net)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Permintaan kendaraan listrik di Norwegia sangat tinggi. Hampir 80 persen dari total penjualan mobil elektrifikasi tercatat di negara itu pada September lalu.

Dari angka itu, mobil listrik besutan Tesla menjadi merek terlaris. Dikutip dari Reuters, Sabtu (2/10/2021), Norwegia menjadi pemimpin global dalam beralih ke mobil listrik dan berusaha menjadi yang pertama mengakhiri penjualan mesin bensin dan diesel pada 2025.

Penjualan mobil listrik baterai mencapai 77,5 persen dari semua mobil baru pada September lalu, kata Federasi Jalan Norwegia (OFV), naik dari 61,5 persen dibanding periode yang sama tahun lalu.

Baca Juga: Apes, Mobil Listrik Tesla Terbakar saat Berada di Tempat Servis

Kendaraan sport kompak, Tesla Model Y menjadi kendaraan terlaris dengan 19,8 persen pangsa pasar diikuti oleh sedan Tesla Model 3 dengan 12,3 persen. Sedangkan Skoda Enyaq berada di posisi ketiga dengan 4,4 persen.

Tesla Model Y pertama kali diluncurkan di Norwegia pada Maret 2019 dan permintannya langsung tinggi. Popularitas kendaraan listrik di Norwegia dikarenakan dukungan penuh dari pemerintah berupa pembebasan pajak.

Pembebasan pajak ini membuat penjualan kendaraan listrik di negara itu untuk pertama kalinya mengalahkan penjualan kendaraan berbahan bakar fosil pada tahun lalu.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])