Habis Bos Apple, Giliran Pejabat China Temui Jokowi di Istana, Ada Apa?

Nusantaratv.com - 18 April 2024

Menlu China Wang Yi. (Net)
Menlu China Wang Yi. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Menteri Luar Negeri (Menlu) China Wang Yi menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Kamis (18/4/2024). 

Wang Yi tiba di Istana Negara, Jakarta, pukul 09.23 WIB. Wang Yi didampingi Menlu Retno Marsudi saat pertemuan dengan Jokowi. 

Sebelumnya, Wang Yi bertemu dengan Retno. Dalam pertemuan di Kantor Kementerian Luar Negeri itu, dibahas sejumlah isu mulai dari stabilitas kawasan hingga hilirisasi.

Retno menyatakan, China merupakan salah satu mitra dagang penting Indonesia dengan volume perdagangan mencapai lebih dari 127 miliar dolar Amerika Serikat. China, kata dia juga merupakan salah satu investor asing terbesar dengan nilai investasi lebih dari 7,4 miliar dolar AS tahun lalu.

"Investasi akan terus diperkuat antara lain di bidang hilirisasi, industri, pembangunan infrastruktur, manufaktur, transisi energi, serta ketahanan pangan pembahasan kerja sama ekonomi secara lebih detail akan dibahas dalam pertemuan cooperation mechanism atau HDC," kata Retno.

"Saya juga mengajak untuk melakukan kerja sama di bidang pencegahan agar korban tidak terus berjatuhan. Kedua, kita juga membahas beberapa isu kawasan dan dunia dan Indonesia. Mereka kembali komitmennya untuk menjaga stabilitas dan perdamaian di Indo-Pasifik dan perdamaian Indo-Pasifik hanya akan terwujud jika semua pihak hormati hukum internasional," imbuhnya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])