Gunung Semeru Keluarkan 54 Kali Letusan, Langit Gelap Meski Masih Sore

Nusantaratv.com - 04 Desember 2021

Gunung Semeru Meletus, Warga Sekitar Panik.(Capture Video)
Gunung Semeru Meletus, Warga Sekitar Panik.(Capture Video)

Penulis: Supriyanto

Nusantaratv.com - Gunung Semeru yang terletak di Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, sore ini, Sabtu (4/12/2021) meletus. 

Tanda-tanda meletusnya Gunung tertinggi di Jawa Timur itu terdeteksi selama 24 jam terakhir dengan seringnya terjadi aktivitas vulkanik.

Sore ini sekitar pukul 15.00 WIB Gunung Semeru meletus dengan mengeluarkan awan panas berwarna abu-abu pekat. Langit terlihat gelap meski hari masih sore. Hal ini dikarenakan terjadi hujan abu yang membuat sinar matahari tak terlihat.

Meski masih sore hari, langit di sekitar Gunung Semeru gelap. (capture video)

Warga di Kecamatan Pronojiwo dan Candipuro yang lokasinya berada di lereng gunung Semeru diminta mengungsi karena di daerah itu hujan abu begitu hebat.

“Sebagai tindakan preventif warga yang tinggal dekat sungai jalur lahar diimbau untuk diungsikan dulu,” kata Syafii Kepala Desa Sumbermujur.

Beberapa kali guguran lava turun mengarah ke jalur lahar, di Desa Curah Kobokan, Kecamatan Pronojiwo.

Mengutip laporan dari laman resmi PVMBG https://magma.esdm.go.id memang dalam waktu 24 jam terakhir Gunung Semeru mengalami 54 kali letusan atau erupsi dengan amplitudo 11-12 mm dengan durasi 85-130 detik.

Dalam waktu yang hampir bersamaan terpantau 2 kali guguran lava pijar dengan jarak luncur 500-800 meter, yang berada di bawah kawah kurang lebih 500 meter.

Sumber: tribunjabar.id

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])