GM Susanto Megaranto Kembali Kuasai Klasemen JAPFA FIDE Rated Chess Tournamen 2021

Nusantaratv.com - 07/12/2021 22:58

GM Susanto Megaranto (kanan) saat bertanding melawan Ahmad Fauzi pada babak ke-7 JAPFA FIDE Chess Tournament 2021/ist
GM Susanto Megaranto (kanan) saat bertanding melawan Ahmad Fauzi pada babak ke-7 JAPFA FIDE Chess Tournament 2021/ist

Penulis: Ramses Manurung

Jakarta, Nusantaratv.com-Pecatur putra nomor wahid Indonesia Grand Master (GM) Susanto Megaranto kembali berhasil menguasai puncak klasemen sementara JAPFA FIDE Rated Chess Tournamen 2021 yang sempat diambi alih oleh Surya Wahyudi pada hari ketiga, Senin (6/12/2021). 

Susanto sukses kembali ke posisi teratas setelah bermain remis melawan Surya pada pertandingan babak ke-6 atau hari keempat di Gedung Serbaguna Senayan Jakarta, Selasa (7/12/2021). 

Meski hanya mendulang poin 0,5 namun tambahan poin tersebut sudah cukup bagi Susanto Megaranto yang memiliki elo rating 2548 untuk menggeser Surya dari puncak klasemen sementara. Pasalnya, dalam laga tersebut Susanto memainkan buah hitam sedangkan Surya Wahyudi memegang buah putih. Sebagai pemegang buah hitam Susanto berhak mendapatkan keuntungan berdasarkan sistem perhitungan poin. 

Susanto kembali berhasil menambah poin setelah mengalahkan Ahmad Fauzi pada laga babak ke-7 yang dimainkan sore hari. Kemenangan ini membuat total poin yang dikemas Susanto Megaranto menjadi 6,5 (hasil dari 7 kali main, 6 kali menang dan 1 kali remis). 

Hasil yang sama juga ditorehkan oleh Surya Wahyudi dengan menumbangkan pecatur kawakan Fide Master (FM) Hamdani Rudin. Meski sama-sama mengoleksi 6,5 poin Surya harus puas menempati peringkat kedua pada klasemen sementara JAPFA FIDE Rated Chess Tournamen 2021. 

Keduanya dikuntit oleh dua pecatur yang sama-sama mengemas 6 poin yaitu Dziththauly Ramadhan dan Hudany Miftahul yang menempati peringkat 3 dan 4. 

“Dari awal saya hanya berusha untuk dapat remis lawan Susanto. Sejauh ini head to head saya lebih banyak kalah dari dia. Oleh sebab itu, meski pegang buah putih saya cuma pasangan target bisa nahan remis. Dan saya akhirnya berhasil penuhi target itu,” kata Surya Wahyudi usai pertandingan kontra Susanto Megaranto. 

Surya mengaku dirinya memang mentargetkan hanya main remis lawan GM Susanto dan baru akan bermain habis-habisan untuk meraih kemenangan di babak ketujuh, delapan dan kesembilan.

Baca juga: GM Susanto Megaranto Belum Terkalahkan di JAPFA FIDE Rated Chess Tournament 2021

Menurut Direktur Turnamen JAPFA Fide Rated Chess Tournament, Hendry Djamal partai Susanto Megaranto melawan Surya Wahyudi memang tidak 'penuh' dalam artian kedua pemain sama-sama tidak ngotot menang.

“Bagi Susanto Megaranto yang penting mengejar gelar juara makanya dia tidak mau habis-habisan lawan Surya Wahyudi yang lebih senior dari dirinya,”kata Hendry.

Hendry mengatakan memang ada kalanya seorang pecatur melihat situasi kapan bermain fight dan kapan bermain dengan separuh kekuatan. Sama dengan permainan sepakbola kapan menyerang, kapan bertahan.

Sebagai pemain berpengalaman, sambung Hendry, Surya Wahyudo pasti tahu bagaimana strategi menghadapi Susanto Megaranto.

Karena Surya Wahyudi adalah salah satu anggota Dream Team pertama Indonesia dan paling senior bersama Taufik Halau, Susanto Megaranto dan Andrean Susilodinata.

Besok, Rabu (8/12/2021) JAPFA FIDE Rated Chess Tournament 2021 akan memasuki hari terakhir yang merupakan penentuan juara. Mempertandingkan dua babak terakhir yaitu babak 8 (sesi pertandingan pagi) dan babak 9 (sesi sore). 

Pada babak 8, Susanto Megaranto akan ditantang oleh FM Hudany Miftahul (2213). Sementara Surya Wahyudi menghadapi Dziththauly Ramadhan. Susanto dan Surya sama-sama memegang buah hitam. 

Sedangkan untuk pertandingan babak 9 atau penutup, sejauh ini belum diketahui pairing atau undiannya. 

JAPFA FIDE Rated Chess Tournament diikuti sebanyak 194 peserta dari 28 provinsi di seluruh Indonesia. Turnamen memperebutkan hadiah total Rp110.500.000. 


 

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in

Berita Terkait
Atlet Boling Indonesia, Ryan dan Hardy-1652787908
Pemain asing Persib, Ryohei Miyazaki-1652717149