Geely dan Waymo Bersinergi, Garap Armada Taksi Otonom

Nusantaratv.com - 30 Desember 2021

Geely bermitra dengan Waymo bangun armada taksi otonom. (Gizmochina)
Geely bermitra dengan Waymo bangun armada taksi otonom. (Gizmochina)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Perusahaan otomotif multinasional asal China, Geely mengumumkan merek kendaraan listrik premium mereka, Zeekr, akan bermitra dengan Waymo.

Kemitraan ini adalah untuk membangun kendaraan self-driving (otonom) listrik untuk armada Waymo One di Amerika Serikat (AS), seperti dikutip dari Gizmochina, Kamis (30/12/2021).

Diketahui, Waymo LLC adalah perusahaan pengembangan teknologi mengemudi otonom asal AS yang merupakan anak perusahaan dari Alphabet Inc, perusahaan induk Google.

Baik Geely dan Waymo menyatakan mobil listrik taksi tersebut akan dirancang dan dikembangkan oleh Zeekr, merek mobilitas listrik Geely, di sebuah fasilitas di Gothenburg, Swedia, menggunakan 'arsitektur mobilitas open-source eksklusif baru'.

Setelah mobil dikirim ke Waymo di AS, perusahaan berencana menyiapkannya dengan teknologi mengemudi otonom mereka yang disebut Waymo Driver.

Perusahaan tidak memberikan garis waktu spesifik kapan kita dapat mengharapkan kendaraan untuk turun ke jalan, tetapi menyatakan mobil akan diperkenalkan di armada Waymo One di tahun-tahun mendatang. 

Namun, perusahaan telah menguji van otonom merek di Phoenix, Arizona, AS, selama lebih dari satu tahun saat ini. Google pertama kali mendirikan proyek mobil self-driving pada 2009.

Kemudian dinamai ulang Waymo dan membuat anak perusahaan terpisah dari Alphabet. Namun, setelah hampir 13 tahun berdirinya, sepertinya masih memiliki waktu sebelum Waymo menawarkan layanan ride-hailing yang sepenuhnya otonom kepada masyarakat umum.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])