Ganjar Pranowo Dorong Penggunaan Bus Listrik di Jateng

Nusantaratv.com - 23 Oktober 2021

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meninjau pabrik kendaraan listrik buatan Viar. (Humas Jateng)
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo meninjau pabrik kendaraan listrik buatan Viar. (Humas Jateng)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mendorong penggunaan bus listrik untuk transportasi umum yang ramah lingkungan.

"Yang mau kami dorong itu mobil. Termasuk di Dinas Perhubungan itu bus. Kami sudah penjajakan dengan beberapa penyedia bus listrik. Sehingga harapan kita bus-bus kota itu mungkin semuanya Trans Jateng juga bisa diganti listrik," kata Ganjar, dikutip dari laman jatengprov.go.id, Sabtu (23/10/2021).

Demi mewujudkan hal itu, pria kelahiran Karanganyar, Jateng, 52 tahun silam itu, meminta industri-industri segera melakukan riset dan pengembangan kendaraan listrik.

Ganjar mengakui telah berdiskusi dengan sejumlah pihak terkait hal ini. "Kami sedang bahas adalah penggunaan bus listrik untuk transportasi umum di Jateng," ungkapnya.

Baca Juga: Ambisi Produsen Mobil Ikut Berkompetisi di Kendaraan Listrik

Hal ini, kata Ganjar, merupakan bagian dari spirit bagaimana mentransformasikan kendaraan yang berbahan bakar fosil berpindah ke listrik. Di sisi lain, suami dari Siti Atiqoh Supriyanti itu juga mengingatkan agar persiapan transformasi ini dilakukan secara menyeluruh. Terutama terkait pengelolaan limbah baterai kendaraan listrik.

"Nah kami harapkan bagaimana cara me-recycle yang aman, yang tidak membuat limbah B3 dan seterusnya, ternyata sudah dipikirkan semua, dan sekarang sistemnya sedang dikembangkan. Nanti ada semacam tempat untuk research and development berkaitan dengan baterainya," imbuhnya.

Dikatakan Ganjar, upaya ini harus didukung penuh. Sebab, selain membawa banyak manfaat, juga mengurangi polusi udara yang dihasilkan dari kendaraan berbahan bakar fosil. "Bagian dari pengibaran bendera revolusi hijau dalam sistem transportasi kita, dan ini bagian yang menurut saya luar biasa. Saya akan dukung penuh ini," tukas jebolan Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta (1987-1995) itu.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])