Fenomena Menakjubkan, Ribuan Burung Jalak Bentuk Formasi Mirip Sendok Bengkok

Nusantaratv.com - 06 Januari 2022

Burung-burung jalak ini kerap membentuk formasi yang tidak biasa. (Albert Keshet via Live Science)
Burung-burung jalak ini kerap membentuk formasi yang tidak biasa. (Albert Keshet via Live Science)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Di Israel, terdapat ribuan burung jalak yang kerap terbang bersama, bermigrasi dari satu tempat ke tempat lainnya. 

Fenomena itu menghadirkan pemandangan hitam menakjubkan di atas langit negara Yahudi tersebut, seperti dikutip dari Live Science, Kamis (6/1/2022). Burung-burung jalak ini kerap membentuk formasi yang tidak biasa.

Ya, puluhan ribu burung jalak itu kembali terbang baru-baru ini, dengan gaya menukik hingga menggelapkan langit Israel. Seorang fotografer satwa liar, Albert Keshet, melihat serta merekam fenomena langka yang menakjubkan itu lebih dari lima jam di Lembah Yordan utara pada akhir Desember 2021.

Pada satu titik, saat burung jalak itu terbang bersama, berputar-butar seolah menari melintasi langit, mereka tak sengaja merangkai formasi menyerupai sendok yang dibengkokkan oleh pesulap.

"Mereka berkerumun selama beberapa detik, lalu bentuknya berubah menjadi sendok bengkok," kata Keshet kepada BBC

"Beberapa detik kemudian, kawanan itu bermetamorfosis lagi, lagi, dan lagi," lanjutnya.

Jalak adalah burung migran yang muncul di atas tebing gersang Israel setiap musim dingin hadir, atau tepatnya saat habitat mereka menjadi lebih dingin. Satu kelompok terbang yang disebut gumaman bisa berisi lebih dari satu juta ekor burung jalak.

Dan, bagaimana mereka tidak bertabrakan saat terbang beriringan dalam jumlah yang sangat banyak? Menurut sebuah penelitian yang terbit di jurnal PLOS Computational Biology pada 2013, ketika jalak terbang dalam jumlah besar, mereka akan menyesuaikan arah dan kecepatan dari tujuh burung atau lebih yang terbang di dekatnya dengan merespons pergerakan semua burung yang ada di sekitar mereka.

Dengan fokus pada burung di dekatnya, mereka sanggup terbang selaras dengan kelompok atau individu lain sehingga memungkinkan bergerak dalam jumlah 100.000 individu dan membentuk formasi aneh, termasuk sendok. Kemudian dalam hitungan detik, burung jalak itu akan berubah formasi dalam bentuk yang sangat berbeda.
 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])