Eh! Ada Spesies Kaki Seribu Baru Dinamai dengan NamaTaylor Swift

Nusantaratv.com - 22/05/2022 20:40

Kaki Seribu / indiatimes.com
Kaki Seribu / indiatimes.com

Penulis: Harry Prasetyo | Editor: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Peneliti dari Virginia Tech menamai spesies kaki seribu yang baru ditemukan dengan nama Taylor Swift.

Spesies kaki seribu yang dimaksud adalah kaki seribu cakar bengkok yang telah bergabung dengan 16 spesies baru lainnya dari Pegunungan Appalachian di AS.

Kaki seribu yang langka sangat penting untuk menguraikan serasah daun dan dalam proses ini, mereka akhirnya melepaskan nutrisi mereka ke dalam ekosistem. Kaki seribu sering ditemukan di lantai hutan di mana mereka memakan daun dan bahan tanaman lainnya. Karena mereka sering terkubur di bawah tanah, mereka sangat sulit ditangkap.

Para peneliti telah melihat kehadiran mereka di koleksi museum yang membuatnya curiga bahwa kaki seribu cakar bengkok memiliki banyak spesies baru. Untuk mencarinya, mereka melakukan proyek multi-tahun di mana mengumpulkan spesimen dari seluruh AS Timur.

Peneliti memulai perjalanan ke sekitar 17 negara bagian AS, memeriksa di bawah serasah daun, bebatuan, dan kayu gelondongan untuk mencari spesies, untuk mengurutkan DNA mereka dan mendeskripsikannya secara ilmiah. Dan dalam perjalanan ini, mereka mengumpulkan lebih dari 1.800 spesimen.

Dari jumlah tersebut, 17 spesies baru ditemukan, termasuk Nannaria marianae (dinamai menurut istri penulis utama studi tersebut, Derek Hennen). Para peneliti menemukan bahwa kaki seribu lebih suka tinggal di habitat hutan di dekat sungai dan sering ditemukan di bawah tanah.

Mereka memiliki panjang sekitar 18 hingga 38 milimeter dan memiliki tubuh coklat mengkilap dengan bintik-bintik putih, merah dan bahkan oranye dengan kaki putih. Jantan dari spesies ini mendapatkan cakar pipih yang bengkok di kaki depannya.

Penulis utama memutuskan untuk menamai Taylor Swift untuk mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada musik yang membantunya selama masa-masa sulit. Dia berkata, "Musik  Taylor Swift membantu saya melewati suka dan duka sekolah pascasarjana, jadi memberi nama spesies kaki seribu baru dengan namanya adalah cara saya untuk mengucapkan terima kasih."

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in