Duterte Umumkan Pensiun dari Politik

Nusantaratv.com - 02 Oktober 2021

Presiden Filipina Rodrigo Duterte/ist
Presiden Filipina Rodrigo Duterte/ist

Penulis: Ramses Manurung

Manila, Nusantaratv.com-Publik Filipina digegerkan dengan pernyataan mengejutkan yang disampaikan sang presiden Rodrigo Duterte. Secara mengejutkan, Duterte mengumumkan pensiun dari politik pada Sabtu (2/10/2021). 

Sontak spekulasi pun bermunculan menanggapi keputusan Duterte pensiun dari politik. Ada yang mengatakan keputusan tersebut dibuat lantaran Duterte ingin membuka jalan bagi putrinya Sara Duterte-Carpio untuk mencalonkan diri untuk menggantikannya.

"Hari ini, saya mengumumkan pengunduran diri saya dari politik," kata Duterte, saat menemani Senator setia Christopher "Bong" Go dari partai mereka yang berkuasa PDP-Laban saat ia mendaftar untuk mencalonkan diri sebagai wakil presiden, mengutip okezone.

Duterte diperkirakan akan mencalonkan diri sebagai wakil presiden. Dia tidak memenuhi syarat untuk mencalonkan diri lagi untuk jabatan puncak karena konstitusi menetapkan batas masa jabatan enam tahun untuk presiden.

Manuver mengejutkan yang dilakukan Duterte ternyata sudah diduga oleh para pengamat politik. Diperkirakan langkahnya tidak terlepas dari ambisi putrinya Sara Duterte-Carpio untuk maju dalam pemilihan presiden tahun depan. 

Baca juga: Petinju Manny Pacquiao Siap Maju Jadi Capres Filipina 2022

Sebelumnya, pada bulan lalu Duterte-Carpio, yang menggantikan ayahnya sebagai walikota Davao menyatakan dia tidak mencalonkan diri untuk jabatan yang lebih tinggi tahun depan karena dia dan ayahnya telah sepakat hanya satu dari mereka yang akan mencalonkan diri untuk jabatan nasional pada 2022.

Keputusan Duterte tidak ikut pemilihan tahun depan akan membuka jalan baginya.

"Ini memungkinkan Sara Duterte untuk mencalonkan diri," kata Antonio La Vina, profesor hukum dan politik di Universitas Ateneo de Manila.

Sesuai prosedur pemilihan presiden Filipina pada 2022, para kandidat yang ingin maju 
memiliki waktu hingga Jumat (8/10) mendatang untuk mendaftar. Tetapi penarikan dan penggantian diperbolehkan hingga 15 November. Itu berarti tersedia ruang bagi para kandidat di menit-menit terakhir. Seperti masuknya Duterte pada jam ke-11 untuk pemilihan presiden pada 2016 lalu, yang ia menangkan dengan selisih besar.

Selain putri Duterte, kabarnya petinju legendaris dunia Manny Pacquiao juga akan maju dalam pemilihan presiden Filipina pada 2022. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])