Duh! Penjualan Rokok Melonjak Selama Pandemi Covid-19

Nusantaratv.com - 21 Oktober 2021

Penjualan rokok meningkat selama pandemi Covid-19. (Istimewa)
Penjualan rokok meningkat selama pandemi Covid-19. (Istimewa)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Akibat melonjaknya kasus Covid-19 di Amerika Serikat (AS) selama satu setengah tahun terakhir, sebagian besar warga kemungkinan telah mengambil kebiasaan buruk lama mereka atau memulai kebiasaan yang baru.

Bagaimana peneliti mengetahui hal ini? Mereka menemukan penjualan rokok melonjak selama 15 bulan pertama pandemi Covid-19, melebihi perkiraan peneliti sebesar 14 persen.

Tidak sepenuhnya jelas apakah karena perokok saat ini lebih banyak, mantan perokok yang memulai kembali merokok atau adanya perokok baru. Para ahli mengkhawatirkan hal ini.

"Studi ini memberikan bukti tidak langsung dari peningkatan merokok," kata rekan penulis studi Samuel Asare, seorang ilmuwan utama dengan American Cancer Society, seperti dikutip dari UPI, Kamis (21/10/2021).

"Kami tidak secara langsung menunjukkan apakah ada peningkatan merokok. Kami tahu ada korelasi kuat antara penjualan dan konsumsi," lanjutnya.

Untuk studi ini, peneliti membandingkan penjualan rokok dari Maret 2020 hingga Juni 2021 dengan prediksi penjualan berdasarkan tren penurunan jangka panjang sebelum pandemi Covid-19, dari Januari 2007 hingga Februari 2020, kemudian disesuaikan dengan perubahan yang diharapkan, termasuk musim.

Para penyelidik mengumpulkan data dari Biro Pajak dan Perdagangan Alkohol dan Tembakau Departemen Keuangan AS. Penjualan rokok melebihi penjualan yang diharapkan setiap bulan setelah awal pandemi Covid-19.

Asare mengatakan banyak alasan yang dapat menyebabkan peningkatan tersebut. "Beberapa di antaranya adalah kebijakan untuk tetap tinggal di rumah," jelasnya. 

"Ingat, beberapa orang dulu bekerja di tempat kerja di mana kami memiliki larangan merokok. Sekarang mereka tinggal di rumah, mereka memiliki kebebasan untuk melakukan apa pun yang mereka inginkan di rumah," imbuh Asare.

Bagi yang lain, merokok bisa menjadi strategi untuk mengatasi stres. Program yang memberikan bantuan kepada orang Amerika selama pandemi mungkin telah menyebabkan rumah tangga meningkatkan pengeluaran mereka, yang dapat mencakup peningkatan pembelian rokok untuk perokok, kata Asare.

Penimbunan rokok di awal pandemi Covid-19 kemungkinan juga berdampak pada angka penjualan. Penelitian lebih lanjut akan diperlukan untuk lebih tegas menentukan mana yang berkontribusi terhadap peningkatan.

Para peneliti tahu jika program berhenti merokok mengalami penurunan tajam dalam permintaan bantuan. "Partisipasi dalam panggilan untuk berhenti atau konseling penghentian menurun drastis selama pandemi," ucap Asare. 

"Konsorsium Quitline Amerika Utara menemukan penurunan 27 persen dalam panggilan ke quitline pada 2020 untuk konseling penghentian dibandingkan dengan 2019," tambahnya.

Baca Juga: FDA Izinkan Penggunaan Campuran Booster Vaksin Covid-19

Peningkatan nyata dalam merokok tidak bisa datang pada waktu yang lebih menantang. "Ada sejumlah penelitian yang menunjukkan jika perokok lebih rentan terhadap komplikasi terkait Covid-19 dibandingkan dengan bukan perokok," imbuhnya.

Apa yang dibutuhkan saat ini? Mengembalikan seruan untuk konseling berhenti merokok dan meningkatkan kebijakan pengendalian tembakau, kata Asare.

"Penting untuk kembali ke tren atau ke level yang kita miliki sebelum pandemi, sehingga apa pun tujuan yang kita miliki, benar-benar dapat kita capai," ungkap Asare.

Temuan dari laporan penelitian itu dipublikasikan secara online pada Selasa (19/10/2021) di Annals of Internal Medicine. Patricia Folan, Direktur Pusat Pengendalian Tembakau di Northwell Health di Great Neck, New York, mengaku tidak terkejut mendengar bahwa penjualan rokok meningkat dalam beberapa bulan terakhir ini.

"Selama pandemi, ada banyak laporan yang menunjukkan peningkatan penggunaan zat lain, serta peningkatan tekanan mental, seperti kecemasan dan depresi, yang sering memicu kekambuhan," kata Folan, yang tidak terlibat dalam penelitian.

"Setelah serangan 9/11, peningkatan merokok dan kekambuhan merokok dicatat, terutama di antara responden pertama. Meskipun situasinya sangat berbeda, stres yang dirasakan pada kedua kasus mungkin telah berkontribusi pada peningkatan merokok atau kambuhnya kebiasaan merokok," tambah Folan.

Folan mengatakan program berhenti merokok yang dipimpinnya telah melihat peningkatan pendaftaran selama pandemi Covid-19. Seperti yang disarankan Asare, Folan mengatakan pasien melaporkan merokok lebih banyak saat bekerja dari jarak jauh di rumah, tanpa lingkungan bebas asap rokok di tempat kerja mereka yang biasa.

Mereka juga melaporkan kambuh karena perasaan stres, kecemasan dan isolasi, kata Folan. "Penyedia layanan kesehatan harus terus bertanya kepada pasien tentang penggunaan tembakau mereka bahkan jika mereka telah berhenti di masa lalu dan, jika kambuh, menasihati dan merujuk mereka ke layanan pendukung dari program lokal atau garis berhenti negara bagian," bebernya. 

"Menjelaskan hubungan antara hasil buruk bagi perokok dengan Covid-19 dapat memotivasi pasien untuk melakukan upaya berhenti," tukas Folan.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])

Berita Terkait
Studi Klinis SANOIN-1711531661
tips-1711444228
Ilustrasi-1710918050