Duh! Elon Musk Ternyata Ngutang Pajak Rp152 T

Nusantaratv.com - 30/12/2021 22:04

Elon Musk. (Net)
Elon Musk. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Pendiri Tesla Elon Musk terjerat utang pajak terbesar dalam sejarah. Usai menimbang berbagai opsi yang dimilikinya, akhirnya Musk memutuskan membeli 1,6 juta saham Tesla, serta menjual 934.090 saham di antaranya. Ini dilakukan guna menutupi kewajiban pajak US$1 miliar yang menunggunya dari pembelian itu.

Sejak 2012, Elon diberikan berbagai opsi pembayaran pajak yang memungkinkannya membayar kewajibannya lewat melego sebagian sahamnya tanpa diketahui publik.

Lewat opsi yang dipilih, Musk memegang saham Tesla dengan harga US$6,24 per saham yang akan dikenai pajak sebesar US$23,5 miliar dalam perhitungan pemasukan reguler. Angka yang fantastis, namun sepadan dengan kekayaannya yang mencapai US$280 miliar seperti ditaksir oleh Forbes.

Mengutip CNN Business, kini Musk menghadapi pembayaran pajak sebesar US$10,7 miliar atau sekitar Rp152,68 triliun (asumsi kurs Rp14.270 per dolar AS).

Awal bulan ini, Musk lewat akun Twitter-nya menyebut kewajiban pajak hampir US$11 miliar itu bakal menjadi tagihan pajak terbesar untuk individu sepanjang sejarah.

Penarikan pajak tersebut berubah dari tagihan pajak Musk di tahun-tahun sebelumnya saat ia hanya membayar pajak sangat kecil atau bahkan tidak membayar sama sekali.

Investigasi oleh ProPublica menemukan Musk dan orang tajir lainnya, seperti bos Amazon Jeff Bezos dan Michael Bloomberg membayar pajak US$0 pada 2018.

Setelah mengunggah poling di akun Twitternya, Musk mulai menjual sebagian sahamnya pada November yang menunjukkan ia mesti menjual 10 persen dari total sahamnya.

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in