Duh! Ditemukan Masker yang Dilengkapi Kartu SIM dan Mic di Ujian Tes Polisi

Nusantaratv.com - 24 November 2021

Ditemukan masker yang dilengkapi perangkat elektronik di ujian tes polisi. (India Times)
Ditemukan masker yang dilengkapi perangkat elektronik di ujian tes polisi. (India Times)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Teknologi telah menembus ke setiap celah kecil kehidupan. Dan, manusia telah memanfaatkan berbagai macam teknologi dalam kegiatannya.

Tetapi jika teknologi digunakan dengan cara negatif, maka bisa merusak kehidupan manusia. Pria di India ini contohnya. Dia memanfaatkan teknologi dengan cara curang agar bisa mendapatkan jawaban saat mengikuti ujian tes polisi.

Pria itu tertangkap basah mengenakan masker wajah yang dilengkapi dengan perangkat elektronik, seperti dikutip dari India Times, rabu (24/11/2021).

Peristiwa ini dilakukan ketika seseorang mengikuti ujian masuk polisi. Insiden itu terjadi di Sekolah Umum Blue Ridge di daerah Hinjewardi di Pimpri-Chinchwad, Maharashtra, India.

Saat diperiksa, Polisi Naik Shashikant Devkant mencegat tersangka dan menemukan alat elektronik yang terhubung dengan masker wajahnya. Tak hanya itu, masker wajah ini juga dilengkapi dengan baterai JBS, titik pengisian daya, kartu SIM Airtel, sakelar, dan mikrofon, semuanya terhubung dengan kabel.

Sayangnya, sebelum tersangka berhasil ditangkap, pelaku lebih dulu kabur dari lokasi. Kasus ini tengah diselidiki, pihak terkait tengah melakukan pencarian terhadap tersangka.

Hal serupa juga pernah terjadi sebelumnya, sejumlah orang ditangkap di Bikaner karena mengenakan sandal khusus yang dipasangi perangkat Bluetooth yang dimaksudkan untuk membantu kecurangan dalam Ujian Kelayakan Guru (REET) Rajasthan.

Dua dari tersangka tertangkap, ternyata mereka adalah anggota geng yang memberikan sandal masing-masing seharga Rs 6 lakh atau setara Rp114 juta kepada masing-masing kandidat.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])