Dubes Rosan Roeslani Dukung Program Pendataan WNI di AS

Nusantaratv.com - 05 Desember 2021

Dubes Rosan Roeslani. (net)
Dubes Rosan Roeslani. (net)

Penulis: Alamsyah

Nusantaratv.com - Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia untuk Amerika Serikat Rosan Perkasa Roeslani, mendukung penuh program Sosialisasi Publik Pelayanan Kependudukan dan Pencatatan Sipil terkait pemutakhiran data WNI dan diseminasi informasi layanan penerbitan Nomor Induk Tunggal (NIT) di KBRI Washington DC.

Hal itu diketahui dari pertemuan yang baru saja dilakukan secara virtual antara Ditjen Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri, Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri, Zudan Arif Fakrulloh, serta Dubes RI untuk Amerika, Rosan P. Roeslani, pada Jumat (3/12/2021).

Dubes Rosan Roeslani sangat mengapresiasi kehadiran Dirjen Zudan dan Tim Dukcapil yang datang melakukan asistensi pendataan WNI di AS.

“Saya mendukung penuh program ini dan meminta WNI yang berada di wilayah USA untuk memanfaatkan momentum pendataan ini untuk membuat NIT dan mengisi portal PeduliWNI,” kata Dubes Rosan, mengutip koranpagionline.com.

Sementara itu, Dirjen Zudan menjelaskan, tujuan besar Ditjen Dukcapil Kemendagri adalah memberikan perlindungan yang lebih besar dan optimal kepada seluruh WNI di mana pun berada.

Zudan menyampaikan, sejak 2018 Kemendagri dan Kemenlu berkolaborasi turun ke berbagai negara untuk mendata semua WNI.

Terkait keberadaan portal PeduliWNI sendiri disebutkan  sudah dilaunching oleh Presiden Jokowi di Seoul, Korea Selatan. Momen itu sekaligus juga diluncurkan  layanan administrasi kependudukan (Adminduk) secara online, beberapa waktu lalu.

Seperti diketahui, pendataan secara akurat by name by address di luar negeri adalah syarat mutlak bagi perlindungan WNI yang efektif. Hal ini bisa berlangsung berkat Portal PeduliWNI yang dibangun Kemenlu.

Portal PeduliWNI yang dibangun Kemenlu dimaksudkan sebagai one stop service pelayanan dan perlindungan WNI di luar negeri.

Selain itu, pendataan WNI juga bertujuan untuk penyusunan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu Luar Negeri (DP4LN) untuk tahun 2022.

Berbagai pelayanan yang bisa diperoleh melalui portal https://peduliwni.kemlu.go.id/ antara lain penerbitan Nomor Identitas Tunggal (NIT) atau NIK yang diterbitkan di luar negeri, perekaman KTP-el, akte kelahiran, akte nikah, akte kematian, akte perceraian, surat-surat keterangan, legalisasi-legalisasi dokumen, pengaduan kasus dan lapor diri online.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])