Dua Pasang Kacamata Ini Dihargai Rp49,5 Miliar, Apa Istimewanya?

Nusantaratv.com - 26 Oktober 2021

Kacamata ini dipesan oleh seorang pangeran Mughal India. (Sotheby's)
Kacamata ini dipesan oleh seorang pangeran Mughal India. (Sotheby's)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Dua pasang kacamata dijual dalam acara lelang di London, Inggris, pada Rabu (27/10/2021). Harga untuk dua kacamata itu bikin tercengang.

Ya! Dua pasang kacamata itu berhiaskan berlian dan lensa zamrud diperkirakan terjual hingga US$3,5 juta atau setara Rp49,5 miliar, seperti dikutip dari Reuters, Selasa (26/10/2021).

Rumah lelang Sotheby's mengatakan, kacamata tersebut dipesan oleh seorang pangeran Mughal India. Sayangnya, identitas sang pangeran tidak diungkap.

Kacamata pertama bernama 'Gate of Paradise', menampilkan lensa zamrud yang dipasang dalam bingkai berlian. Lalu, yang kedua disebut 'Halo of Light', memiliki lensa berlian yang dipasang dalam bingkai yang juga berlapiskan berlian.

Lensa itu disebutkan berasal dari abad ke-17, sedangkan bingkainya berasal dari abad ke-19. "Ada begitu banyak cerita di balik kedua pasang kacamata ini. Zamrud didatangkan jauh-jauh dari Kolombia pada abad ke-17 melalui kapal dagang Portugis ke kesultanan Mughal," kata Alexandra Roy, spesialis seni Islam di rumah lelang Sotheby's.

"Orang Mughal sangat menyukai batu permata," lanjutnya.

"Berlian itu berasal dari tambang Golconda (di India). Di Istana Mughal, ia dibelah dari batu yang awalnya memiliki berat dua hingga tiga ratus karat. Berlian-berlian itu lalu digarap ulang dengan gaya kacamata abad ke-19," urainya.

Kedua pasang kacamata itu sedang ditawarkan dalam penjualan benda-benda seni Dunia Islam dan India di Sotheby's pada Rabu (27/10/2021). Perkiraan harganya yakni 1,5 juta poundsterling (Rp29,2 miliar) hingga 2,5 juta poundsterling (Rp48,7 miliar).

"Kita harus sangat berhati-hati mengenai asal-usulnya. Kami sebenarnya sudah tahu tentang kacamata ini untuk waktu yang sangat lama, sejak dekade 1980-an. Barang itu telah melalui uji tuntas internal yang kuat sebelum kami dapat menawarkannya untuk dijual," cetusnya.

Menurutnya, kacamata itu telah diperiksa oleh para sejarawan, sehingga mereka pernah dipublikasikan di dunia akademis sebelumnya. "Ini adalah pertama kalinya kami menawarkan untuk dijual. Namun, di kalangan akademisi, barang-barang itu sudah terkenal," tukas Alexandra.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])