Dosis Tambahan Vaksin Covid-19 Moderna Diklaim Efektif Lawan Varian Omicron

Nusantaratv.com - 21 Desember 2021

Suntikan ketiga vaksin Covid-19 diklaim efektif lawan varian Omicron. (Michael Giladi/Flash90 via Times of Israel)
Suntikan ketiga vaksin Covid-19 diklaim efektif lawan varian Omicron. (Michael Giladi/Flash90 via Times of Israel)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Produsen obat asal Amerika Serikat (AS), Moderna, mengatakan tes laboratorium awal menunjukkan suntikan ketiga vaksin Covid-19 buatannya diklaim efektif melawan Covid-19 varian Omicron yang menyebar dengan cepat.

Dalam pernyataan yang dirilis pada Senin (20/12/2021), seperti dikutip dari Reuters, perusahaan itu mengatakan separuh dosis vaksin yang diberikan sebagai penguat (booster), meningkatkan level antibodi sebanyak 37 kali. Sementara, satu dosis penuh vaksin itu, menaikkan tingkat antibodi lebih dari 80 kali.

Dr. Paul Burton, Kepala Medis Moderna, mengungkapkan studi tersebut (yang belum ditinjau oleh para ilmuwan lain) membuktikan vaksinnya sangat efektif dan aman.

"Ini akan memberi masyarakat perlindungan menjelang musim liburan dan di bulan-bulan yang dingin ini, di mana kita akan melihat dampak terburuk dari Omicron," ujar Burton.

Para pejabat kesehatan federal AS mengotorisasi vaksin Covid-19 besutan Moderna dan Pfizer sebagai suntikan penguat (booster) untuk semua orang dewasa bulan lalu.

Pernyataan Moderna itu disampaikan sehari setelah Dr. Anthony Fauci, pakar penyakit menular AS, memperingatkan jika Omicron 'merajalela di seluruh dunia'. Dia mengimbau seluruh warga AS untuk divaksin dan mendapatkan suntikan penguat.

Omicron, varian yang sangat menular dan pertama kali terdeteksi di beberapa negara Afrika bagian selatan, kini dilaporkan ada di 89 negara, kata Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pada Sabtu (18/12/2021).
 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])