Dorongan Elektrifikasi, Nissan Gelontorkan Rp252,5 Triliun Selama 5 Tahun

Nusantaratv.com - 29 November 2021

Kendaraan listrik Nissan Leaf. (Nissan Indonesia)
Kendaraan listrik Nissan Leaf. (Nissan Indonesia)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Nissan Motor Co., mengumumkan akan menggelontorkan hampir US$17,6 miliar atau setara Rp252,5 triliun selama lima tahun ke depan.

Investasi tersebut akan digunakan untuk mempercepat elektrifikasi kendaraan, dan bertaruh pada pembatasan emisi karbon lebih ketat yang akan memacu permintaan mobil listrik dan hibrida.

Dikutip dari Reuters, Senin (29/11/2021), produsen mobil nomor tiga di Jepang itu mengatakan, akan memperkenalkan 23 kendaraan listrik pada 2030, termasuk 15 kendaraan listrik, dan berencana untuk memperkenalkan semua baterai solid-state pada Maret 2029.

Nissan, yang merupakan salah satu pembuat kendaraan listrik pasar massal pertama dengan model Leaf-nya, bertujuan untuk memenangkan pangsa pasar dengan dorongan lebih dalam ke kendaraan listrik dan menangkis saingan, termasuk pendatang baru seperti Tesla Inc.

Komitmen barunya untuk mobil bertenaga baterai datang karena permintaan konsumen untuk kendaraan tersebut tumbuh di pasar mobil utama seperti China dan Amerika Serikat (AS).

Chief Executive Makoto Uchida mengatakan, Nissan bertujuan untuk membuat kendaraan listrik terjangkau bagi lebih banyak pengemudi. "Kami akan memajukan upaya kami untuk mendemokratisasikan elektrifikasi," katanya dalam presentasi online.

Saham Nissan turun sebanyak 4,9 persen pada perdagangan pagi di pasar Tokyo, setelah kinerjanya berada di bawah saingan utamanya.

Menurut laporan Badan Energi Internasional (International Energy Agency/IEA), meskipun masih sebagian kecil kendaraan di jalan, pendaftaran mobil listrik global pada 2020 tumbuh 41 persen bahkan ketika pasar mobil secara keseluruhan terkontraksi hampir seperenam.

Nissan, bagaimanapun, belum berkomitmen untuk meninggalkan kendaraan berbahan bakar fosil. Pada KTT iklim PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) di Glasgow bulan ini, produsen mobil besar, termasuk General Motors (GM) dan Ford Motor Co, menandatangani deklarasi yang mengikat mereka untuk menghentikan kendaraan berbahan bakar fosil mulai 2040. 

Saat siap bersaing untuk permintaan kendaraan listrik yang meningkat, Nissan pada Juli menjanjikan US$1,4 miliar (Rp20 triliun) dengan mitra China Envision AESC untuk membangun pabrik baterai raksasa di Inggris yang akan memberi daya 100.000 kendaraan per tahun termasuk model crossover baru.

CEO Uchida mengatakan Nissan akan membuat kendaraan listrik lebih terjangkau dengan mengurangi biaya baterai lithium-ion sebesar 65 persen dalam waktu delapan tahun.

Saingan, termasuk Toyota Motor Corp, yang juga menolak menandatangani janji Glasgow, juga meningkatkan kapasitas produksi baterai mereka.

Produsen mobil terbesar di dunia berdasarkan volume produksi berencana untuk memiliki 15 model kendaraan listrik baterai (BEV) secara global pada 2025 dan akan menghabiskan US$13,5 miliar (Rp193,7 triliun) pada 2030 untuk mengembangkan baterai kendaraan listrik yang lebih murah dan lebih kuat serta sistem pasokannya.

Toyota mengatakan akan memperkenalkan baterai solid-state pada pertengahan 2020-an. Paket daya tersebut merupakan pengubah permainan yang potensial bagi pembuat mobil karena lebih padat energi dan tidak mudah terbakar dibandingkan paket daya lithium-ion cair.  Mereka, bagaimanapun, rentan terhadap retak dan saat ini lebih mahal untuk diproduksi.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])