Dipicu Masalah Hijab, Dua Wanita di Iran Berkelahi di Dalam Bus

Nusantaratv.com - 10 Desember 2021

Dipicu masalah hijab dua wanita Iran berkelahi di dalam bus/ist
Dipicu masalah hijab dua wanita Iran berkelahi di dalam bus/ist

Penulis: Ramses Manurung

Iran, Nusantaratv.com-Sebuah video yang memperlihatkan dua wanita berkelahi di dalam bus viral di Twitter. Dua wanita itu terlihat terlibat cekcok dan saling dorong. 

Akun Masih Alinejad yang mengunggah video tersebut menuliskan polisi moral menyerang seorang wanita yang kedapatan tidak memakai hijab

"Hari ini, polisi moral menyerang seorang wanita di bus dan ingin menangkapnya karena rambutnya tidak tertutup. Wanita lain menghentikannya," tulisnya, mengutip okezonecom, Jumat (10/12/2021). 

Dalam video tampak agen moralitas berhijab hitam berusaha membawa wanita berambut pirang ke polisi moral.  Namun, wanita itu menolak sehingga terjadi adu mulut dan aksi saling dorong.

Baca juga: Tak Bisa Jadi Menteri, Taliban: Tugas Wanita Melahirkan! 

"Saya harus menyerahkannya pada polisi moral," teriak agen berhijab tersebut.

Kemudian muncul wanita lain yang mendekat dan berusaha melerai keduanya. Ia mendesak agen moral berhijab hitam untuk menjauh. Aksi wanita itu langsung ditimpali oleh penumpang wanita lainnya. Mereka mengatakan apa yang dilakukan agen moral tersebut tidak benar. Mereka lantas mendorong agen tersebut hingga akhirnya turun dari bus.  

Diketahui, mengenakan jilbab telah menjadi kewajiban bagi wanita di Iran sejak revolusi Islam pada tahun 1979. Pemerintah Iran menugaskan polisi moralitas negara untuk menegakkan aturan tersebut.

"Ini adalah perjuangan sehari-hari bagi wanita Iran. Tahun lalu Republik Islam mempekerjakan 7000 polisi moral yang menyamar di Teheran," cuit Masih Alinejad dalam unggahannya.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])