Dilantik Jadi Panglima TNI Siang Ini, Intip Profil Singkat Jenderal Andika Perkasa

Nusantaratv.com - 17 November 2021

Jenderal TNI Andika Perkasa. (JPNN/Ricardo)
Jenderal TNI Andika Perkasa. (JPNN/Ricardo)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan melantik calon panglima TNI terpilih, Jenderal TNI Andika Perkasa, pada Rabu (17/11/2021) sekitar pukul 13.30 WIB.

"Pelantikan Panglima (TNI) insyaallah besok, hari Rabu (17/11)," ucap Jokowi disela-sela peresmian jalan tol Serang-Panimbang seksi I ruas Serang-Rangkasbitung di Gerbang Tol Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten pada Selasa (16/11/2021), seperti dikutip dari laman presidenri.go.id, Rabu (17/11/2021).

Sebelumnya, Presiden Jokowi memilih Jenderal Andika Perkasa sebagai calon tunggal Panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto yang memasuki masa purna tugas.

Jenderal Andika Perkasa merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) pada 1987. Sebelumnya, pria kelahiran 21 Desember 1964 itu, menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

Dia mengawali kariernya sebagai perwira pertama infanteri di jajaran korps baret merah (Kopassus) Grup 2/Para Komando dan Satuan-81/Penanggulangan Teror (Gultor) Kopassus selama 12 tahun, dan setelah penugasan di Departemen Pertahanan dan Keamanan (Dephankam) dan Mabes TNI-AD kembali bertugas di Kopassus sebagai Komandan Batalyon 32/Apta Sandhi Prayuda Utama, Grup 3/Sandhi Yudha.

Jenderal Andika Perkasa mengenyam pendidikan tinggi Strata-1 (Sarjana Ekonomi) di dalam negeri dan meraih 3 gelar akademik Strata-2 (M.A., M.Sc., M.Phil) serta 1 gelar akademik Strata-3 (Ph.D) dari berbagai perguruan tinggi terkemuka di Amerika Serikat (AS).

Jabatan sebelumnya sebagai perwira menengah (pamen) pada kepangkatan Kolonel (Inf.) adalah Sespri Kepala Staf Umum (Kasum) TNI, Komandan Resimen Induk (Danrindam) Kodam Jaya/Jayakarta di Jakarta, Komandan Resor Militer (Danrem) 023/Kawal Samudera Kodam I/Bukit Barisan berkedudukan di Kota Sibolga, Provinsi Sumatra Utara. 

Kemudian di promosi ke jabatan perwira tinggi (pati) dengan pangkat Brigadir Jenderal TNI sebagai Kepala Dinas Penerangan TNI-AD (Kadispenad), Jakarta pada 25 November 2013 berdasarkan Keputusan Panglima TNI No. Kep/871/XI/2013 tanggal 8 November 2013.

Ayah Jenderal Andika Perkasa, F.X. Soenarto, merupakan seorang pensiunan ABRI dari korps Zeni. Jenderal Andika Perkasa menikah dengan Diah Erwiany Trisnamurti Hendrati Hendropriyono yang merupakan anak perempuan dari Jenderal TNI A.M. Hendropriyono, dan dikaruniai satu orang anak bernama Wiratama Akbar Perkasa.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])