Dapat Sertifikasi di China, Begini Tampang Mobil Listrik Denza Z9 GT Besutan BYD dan Mercedes-Benz

Nusantaratv.com - 18 April 2024

Mobil listrik Denza Z9 GT besutan BYD dan Mercedes-Benz. (Foto: Carscoops)
Mobil listrik Denza Z9 GT besutan BYD dan Mercedes-Benz. (Foto: Carscoops)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Hanya butuh beberapa hari setelah dipublikasi gambar kamuflase prototipe mobil listrik besutan BYD dan Mercedes-Benz, Denza Z9 GT, mendapatkan sertifikasi dari Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi Tiongkok (MIIT).

Kementerian itu mengungkap wujud dan spesifikasi kendaraan listrik baru tersebut. Demikian dilansir dari Carscoops, Kamis (18/4/2024). Pengungkapan ini terjadi menjelang debut perdana globalnya di Beijing International Automotive Exhibition 2024 pada 25 April nanti.

Denza, perusahaan patungan yang 90 persen sahamnya dimiliki BYD dan 10 persen Mercedes-Benz itu, telah menjual 10.279 kendaraan pada kuartal pertama (Q1) 2024.

Denza Z9 GT merupakan mobil model shooting brake yang dibekali spesifikasi gahar yang diharapkan mendorong permintaan merek tersebut. Kehadirannya juga bakal mengancam Porsche Panamera Sport Turismo dan Ferrari GTC4Lusso.

Data MIIT mengungkapkan kendaraan ini tiga motor listrik dengan konfigurasi satu motor di depan dan sepasang dibelakang, yang bakal menghasilkan output gabungan sebesar 952 tenaga kuda.

Perusahaan belum memberikan angka raihan torsi puncak dan akselerasi untuk mobil tersebut, tetapi mengatakan jika mobil listrik itu kuat dipacu hingga kecepatan maksimum 240 km/jam.

Diperkirakan paket baterainya terbilang besar melihat bobot total dari Denza Z9 GT yang terlihat ramping ini mencapai 2.875 kg, melebihi berat SUV Mercedes-Benz EQS dan Rolls-Royce Cullinan.

Sebagai kendaraan listrik dari BYD, Denza Z9 GT akan membenamkan baterai Blade BYD meski belum begitu jelas spesifikasi paketnya. Detail lebih lanjut mengenai mobil listrik ini mengungkapkan dimensinya yang akan memiliki panjang 5.180 mm, lebar 1.990 mm, dan tinggi 1.500 mm, dengan wheelbase 3.125 mm. 

Ini membuat Denza Z9 GT lebih panjang sekitar 130 mm dan 53 mm lebih lebar daripada Porsche Panamera Sport Turismo. Dibandingkan rival terdekatnya, Porsche Taycan Sport Turismo yang berdimensi panjang 4.963 mm dengan wheelbase 2.900 mm, mobil BYD-Mercedes ini lebih besar.

Secara visual, Denza Z9 GT cukup menakjubkan. Di bagian depan, terdapat sepasang lampu depan bersudut dan bemper berbentuk pahatan dengan saluran masuk udara besar dan lipatan dramatis di atas kap mesin.

Tampilan powerful berlanjut di sepanjang sisi dengan roda yang dirancang untuk memaksimalkan efisiensi aerodinamis dan berhias gagang pintu rata. Meski begitu, bodyworknya terlihat relatif sederhana dan bebas dari lekukan, tepian, atau garis desain menohok yang kurang perlu.

Yang membedakan Denza Z9 GT dari kebanykan model shooting brake lainnya adalah buritannya yang berhias lampu belakang LED berdesain atraktif, spoiler atap, dan spoiler sekunder yang dapat dipasang dari penutup dek.

Perusahaan mengatakan mereka berencana menawarkan Denza Z9 GT secara global, dengan peluncuran pasar Eropa dijadwalkan pada 2025.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])