Covid-19 di Arab Saudi Meledak, Catat Rekor Infeksi Tertinggi 5.362 Kasus Sehari 

Nusantaratv.com - 12 Januari 2022

Pemerintah Arab Saudi kembali menerapkan protokol kesehatan yang ketat setelah terjadinya lonjakan kasus covid-19/ist
Pemerintah Arab Saudi kembali menerapkan protokol kesehatan yang ketat setelah terjadinya lonjakan kasus covid-19/ist

Penulis: Ramses Manurung

Jakarta, Nusantaratv.com-Arab Saudi kembali mengalami lonjakan kasus positif covid-19. Kementerian Kesehatan Arab Saudi melaporkan, terjadi penambahan sebanyak 5.362 kasus positif covid-19 pada Rabu (12/1/2022). 

Angka tersebut merupakan rekor tertinggi kasus harian covid-19 di Arab Saudi sejak awal pandemi. 

Rekor kasus harian sebelumnya sebanyak 4.919 kasus yang terjadi pada Juni 2020. 

Salah satu penyebab terjadinya lonjakan kasus positif covid-19 di Arab Saudi karena penyebaran varian Omicron. Meningkatnya kasus covid-19 di Arab Saudi sudah berlangsung sejak awal tahun 2022.

Baca juga: Simak! Segini Biaya Umrah yang Ditetapkan Kemenag, Belum Termasuk PCR dan Karantina

Guna mengendalikan penyebaran covid-19, Pemerintahan Raja Salman kembali menerapkan protokol kesehatan yang ketat, mulai dari mewajibkan penggunaan masker di ruang publik tertutup maupun terbuka hingga merenggangkan saf salat di Masjidil Haram, Mekkah, dan Masjid Nabawi, Madinah.

"Jaga jarak akan diterapkan antar-jemaah, pemasangan kembali karpet yang sesuai, dan pengaturan jemaah di jalur Tawaf, sebagai tindakan pencegahan demi menjaga kesehatan dan keselamatan jemaah," bunyi pernyataan Presidensi Urusan Umum Dua Masjid Suci.

Sementara itu, data menunjukkan sebanyak 66 persen dari total populasi Arab Saudi telah divaksin lengkap. 

Lonjakan kasus covid-19 terjadi di saat Arab Saudi membuka akses bagi para jemaah dari sejumlah negara untuk melaksanakan ibadah umrah. Dari Indonesia tercatat ada 418 jemaah yang telah berangkat pada Sabtu 8 Januari 2022. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])