Cegah Varian Baru Covid-19 B.1.1.529, Singapura Larang Masuk Warga dari 7 Negara Ini 

Nusantaratv.com - 26 November 2021

Ilustrasi penyebaran covid-19/ist
Ilustrasi penyebaran covid-19/ist

Penulis: Ramses Manurung

Jakarta, Nusantaratv.com-Dalam rangka mengantisipasi masuknya varian baru covid-19 B.1.1.529 ke negaranya, Pemerintah Singapura membatasi kedatangan dari tujuh negara Afrika. 

Dikhawatirkan varian baru covid-19 tersebut dapat membuat vaksin kurang efektif.

Kementerian Kesehatan Singapura menyatakan, semua warga non-Singapura dan orang-orang tanpa tempat tinggal permanen di negara itu, yang memiliki riwayat perjalanan baru-baru ini ke tujuh negara Afrika tersebut, akan dilarang masuk atau transit melalui Singapura.

Pembatasan yang akan diterapkan mulai Minggu (28/11/2021) mendatang tersebut berlaku untuk Afrika Selatan, Botswana, Eswatini, Lesotho, Mozambik, Namibia, dan Zimbabwe.

Adapun warga negara Singapura dan orang asing yang memiliki status penduduk tetap di negara-kota berpenduduk 5,5 juta itu yang datang dari ketujuh negara Afrika tersebut, dapat masuk, tetapi harus menjalani karantina 10 hari.

Baca juga: Muncul Varian Baru Covid-19 yang lebih Menular dan Mematikan, WHO Langsung Gelar Rapat Darurat

Kementerian Kesehatan Singapura menyatakan sejauh ini tidak ada kasus varian baru itu di negaranya. Namun, otoritas Singapura berusaha untuk "mengambil tindakan pencegahan yang diperlukan untuk mengurangi risiko" penyebarannya ke negara itu.

Diketahui, sebelumnya para ilmuwan di Afrika Selatan mengumumkan penemuan varian baru covid-19 yang dinamai varian B.1.1.529, yang disebut sebagai pemicu lonjakan kasus di negara itu.

Merespon temuan ini, Inggris langsung mengumumkan larangan perjalanan dari enam negara Afrika selatan.

Penyebaran varian baru tersebut berpotensi membuat vaksin kurang efektif dan membahayakan kemajuan yang dibuat di seluruh dunia dalam memerangi pandemi.

Menurut Badan Keamanan Kesehatan Inggris varian yang disebut B.1.1.529 ini, memiliki sel protein yang secara ekstrem berbeda dengan yang ada pada virus covid-19 asli yang menjadi dasar vaksin covid-19.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])