Catat! Vaksinasi Booster Covid-19 untuk Masyarakat Umum Dimulai 1 Januari 2022

Nusantaratv.com - 10/12/2021 16:32

Ilustrasi vaksin covid-19/ist
Ilustrasi vaksin covid-19/ist

Penulis: Ramses Manurung

Boyolali, Nusantaratv.com-Kementerian Kesehatan melalui Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) RI Dante Saksono Harbuwono mengatakan vaksinasi booster covid-19 atau dosis ketiga untuk masyarakat umum dijadwalkan akan dilaksanakan mulai 1 Januari 2022. Langkah ini bertujuan untuk mencegah penyebaran covid-19. 

"Untuk vaksinasi booster dimulai 1 Januari 2022," kata Dante Saksono Harbuwono, Jumat (10/12/2021).

Dante menyampaikan saat ini pihaknya tengah menyusun skenario agar vaksin booster dapat terlaksana. Sebab, perlu biaya tambahan untuk mengadakan stok vaksin. 

"Saat ini, kita sedang susun beberapa strategi karena booster ini akan melipatgandakan kebutuhan belanja vaksin," ujarnya.

Baca juga: Catat! Arab Saudi Wajibkan Vaksin Covid-19 Booster Bagi Warganya 

"Terdapat dua strategi pemberian vaksinasi booster kepada masyarakat umum, yakni menyasar Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan yang akan diberikan secara gratis dan vaksinasi booster berbayar kepada masyarakat non-PBI," tambahnya, mengutip okezonecom.

Dante menjelaskan penyuntikan vaksinasi booster melibatkan fasilitas pelayanan kesehatan swasta. Sementara pelibatan TNI-Polri sebagai vaksinator dilakukan di fasilitas pelayanan kesehatan milik pemerintah untuk pemenuhan target vaksin dosis dua. 

Ia menambahkan Kemenkes RI bersama akademisi sedang melakukan uji analisis statistik serosurvei. Nantinya hasil serosurvei akan menentukan kebijakan pemerintah.

"Serosurvei adalah cara untuk melihat jumlah antibodi pada seseorang yang telah terinveksi Covid-19 atau sudah dapat vaksinasi itu akan terindentifikasi tingkat kekebalan di masyarakat. Serosurvei akan menentukan kebijakan pemerintah lebih mendalam perihal petunjuk teknis dan pelaksanaan vaksinasi booster di masyarakat," tukasnya.

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in