Catat! Mulai 27 November, Berwisata ke Bogor Wajib Vaksin Covid-19

Nusantaratv.com - 26 November 2021

Ilustrasi Kebun Raya Bogor, Jawa Barat. (Istimewa)
Ilustrasi Kebun Raya Bogor, Jawa Barat. (Istimewa)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, Jawa Barat (Jabar), melarang warga yang belum divaksinasi Covid-19 untuk berwisata di Kota Bogor.

Kebijakan yang mulai berlaku sejak Sabtu, 27 November 2021, hingga libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) itu diklaim sebagai upaya menahan lonjakan gelombang baru Covid-19.

Wali Kota Bogor, Bima Arya menegaskan, bagi siapa saja yang hendak ke Bogor harus mengikuti aturan yang dikeluarkan pihaknya. "Silakan mau jalan-jalan, bepergian, berwisata di Kota Bogor, tetapi pastikan sudah divaksin dan membawa buktinya. Bisa melalui aplikasi PeduliLindungi atau bukti fisik lain yang menunjukan sudah divaksin," ujar Bima di Balai Kota Bogor, Kamis (25/11/2021).

Terkait kebijakan ini, Bima meyakini tidak akan berdampak buruk terhadap pariwisata di Kota Bogor. Upaya ini ditempuh semata-mata hanya untuk lebih memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengunjung tempat wisata. 

"Jadi ketika tempat tempat wisata ini kita pastikan semua pengunjungnya sudah divaksin, maka akan lebih aman dan nyaman. Justru ini berdampak positif juga bagi pengunjung yang ada di Kota Bogor," jelasnya.

Di sisi lain, Pemkot Bogor juga menyiapkan 3 sentra vaksin bagi pengunjung tempat wisata yang belum divaksin, tetapi tetap nekat berwisata. Untuk itu, Satgas Covid-19 Kota Bogor menyiagakan sentra vaksin di mal BTM, Bakorwil, dan RS Siloam.

Sementara itu, Kapolres Bogor Kota Bogor, Kombes Susatyo Purnomo Condro menyebutkan, kawasan yang akan diberlakukan kebijakan tersebut di antaranya tempat wisata seperti Kebun Raya Bogor dan objek wisata lainnya hingga fasilitas publik seperti pedestrian.

"Termasuk masyarakat yang memanfaatkan pedestrian di luar seputar Kebun Raya Bogor di akhir pekan," terang Susatyo.

Pada pelaksanaan di lapangan, Satgas Covid-19 telah menyiapkan 800 personel petugas gabungan dari unsur TNI, Polri, Satpol PP hingga Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor guna memeriksa dan memastikan masyarakat yang melakukan aktivitas di kawasan pedestrian sudah disuntik vaksin Covid-19.

Di mana mereka akan berjaga di lima titik check point yang akan disiapkan untuk memantau baik para pejalan kaki hingga warga yang berolahraga sepeda di seputaran SSA dan Kebun Raya Bogor.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])