Cara Melindungi Kulit dan Rambut dari Klorin di Kolam Renang

Nusantaratv.com - 17/05/2022 16:30

Ilustrasi berenang / ist
Ilustrasi berenang / ist

Penulis: Harry Prasetyo | Editor: Ramses Manurung

Nusantaratv.com, - Musim panas adalah alasan lain untuk pergi ke kolam renang dan berenang. Berenang adalah latihan seluruh tubuh yang bagus tetapi juga membantu meremajakan pikiran. Namun, berenang di kolam renang umum dapat merusak rambut dan kulit, bahkan terkadang menyebabkan kulit terkelupas dan gatal.

Dr Nivedita Dadu, Dermatologist, untuk membuat daftar beberapa tips untuk melindungi kulit dan rambut Anda dari efek buruk air kolam.

“Klorin dapat membunuh bakteri dan kuman penyebab infeksi, tetapi juga dapat merusak lapisan atas minyak (sebum) yang diproduksi tubuh kita untuk mencegah kulit kepala dan kulit mengering. Klorin sering membuat kulit terkelupas dan gatal, dan jika Anda memiliki kulit sensitif, itu akan menyebabkan ruam. Selalu ingat untuk memuaskan dahaga tubuh akan pelembab yang disebabkan karena efek pengeringan air yang mengandung klor. Klorin bahkan terkadang memperparah masalah kulit seperti eksim,” kata Dr Dadu, yang juga pendiri dan ketua Klinik Dermatologi Dr Nivedita Dadu.

Berikut adalah beberapa langkah untuk melindungi kulit dan rambut Anda dari air klorin dari kolam renang:

1. Oleskan body lotion anti berenang

Sebelum berenang, oleskan body lotion renang. Banyak orang tidak suka menggunakan body lotion sebelum masuk ke kolam tetapi jika Anda melakukannya, itu akan membantu menciptakan penghalang pelindung di sekitar kulit untuk menetralisir penyerapan klorin di kulit.

2. Olesi dengan sedikit minyak

Oleskan sedikit minyak seperti minyak zaitun, minyak kelapa atau minyak bayi sebelum pergi ke kolam renang, ini akan menimbulkan penghalang antara air klorin dan kulit.

3. Mandi sebelum berenang

Sebelum berenang, mandilah terlebih dahulu karena jika kulit kering akan cepat menyerap air yang mengandung klor. Air ini akan mencapai lapisan yang lebih dalam dan menyebabkan lebih banyak kerusakan. Mandi cepat akan mencegah kulit menyerap banyak air yang mengandung klor. Mandi cepat setelah berenang juga untuk mencegah air yang mengandung klorin mengering pada kulit.

4. Vitamin C

Dr Dadu menyarankan untuk menambahkan Vitamin C. Vitamin C adalah antioksidan yang melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV. Vitamin C topikal dapat membantu mengurangi kulit kecokelatan dengan menghambat tirosinase yang merupakan enzim penghasil melanin di kulit.

5. Jaga agar diri tetap terhidrasi

Kulit dehidrasi cenderung terasa kering dan kasar. Kulit yang terhidrasi tetap kenyal di sisi lain. Minum air untuk memastikan kulit Anda terhidrasi saat berenang. Ini juga membantu dalam memurnikan kulit, mengisi kembali kelembapan yang hilang, dan membuang klorin atau racun lainnya.

6. Selalu gunakan tabir surya

“Tabir surya tidak hanya akan melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB saat Anda berenang, tetapi juga akan membentuk lapisan pelindung dan mencegah air dari kolam bersentuhan langsung dengan kulit. Oleskan tabir surya spektrum luas setidaknya 15-20 menit sebelum melangkah ke kolam untuk perlindungan maksimal, ”kata Dr Dadu.

7. Cegah gesekan menggunakan handuk kasar

Setelah mandi, jangan menggosok kulit dengan handuk karena gesekan dapat menghilangkan penghalang kelembaban kulit dan menggosok juga dapat mengiritasi kulit.

8. Gunakan pelembab bibir

Menghabiskan waktu berjam-jam di air yang mengandung klorin dapat menyebabkan bibir pecah-pecah. Kenakan lip balm untuk mencegahnya dari kekeringan setelah Anda keluar dari kolam.

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in