Canggih, Huawei Rilis Kunci Mobil Digital Pertama di Dunia yang Didukung Bluetooth dan NFC

Nusantaratv.com - 03 Januari 2022

Huawei AITO M5 Smartcar. (Gizmochina)
Huawei AITO M5 Smartcar. (Gizmochina)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Pada event peluncuran Huawei Winter Flagship pekan lalu, Huawei tidak hanya merilis Huawei P50 Pocket, sebagai pesaing ponsel flip premium Samsung Galaxy Z Flip 3, raksasa teknologi China itu juga meluncurkan kendaraan SUV (sport utility vehicle) hybrid listrik, yakni Huawei AITO M5 Smartcar.

Dikutip dari Gizmochina, Senin (3/1/2022), Huawei AITO M5 adalah SUV hybrid plug-in listrik pintar pertama AITO, sebuah langkah berani perusahaan dalam usahanya memasuki pasar kendaraan listrik China. 

Terinspirasi Porsche Macan, desainnya sangat ramping dan modern, dengan interior yang lapang. SUV ini dikembangkan Huawei bersama dengan merek China lainnya, Seres, yang berada di bawah perusahaan konglomerat Chongqing Sokon.

Namun, fitur unik dan menonjol dari mobil pintar Huawei AITO M5, adalah unit hadir dengan sistem operasi internal Huawei sendiri, yakni HarmonyOS. Fungsi utama HarmonyOS adalah menyediakan integrasi tanpa batas untuk produk Huawei IoT yang mencakup smartphone, laptop, smartwatch, dan untuk smartcar.

Dalam pengumuman pers baru-baru ini, Yu Chengdong, Wakil Presiden Senior Huawei dan CEO Divisi Mobil Cerdas Huawei, menyebutkan Huawei telah mengembangkan kunci mobil digital yang didukung Bluetooth dan NFC pertama di industri untuk mobil pintar AITO M5 yang baru diumumkan.

Yu menjelaskan, pada smartphone yang didukung HarmonyOS 2.0, kunci mobil pintar digital terletak di dalam aplikasi Huawei Wallet. Dengan kunci digital, pengguna dapat melakukan hampir semua hal yang dilakukan sepasang kunci mobil fisik, tanpa harus khawatir kehilangan kunci atau menemukan kunci selama keadaan darurat. 

Untuk mengilustrasikan teknologi, kunci mobil digital menggunakan Bluetooth untuk membuka dan mengunci mobil dari jarak jauh. Dan, jika Bluetooth tidak berfungsi atau baterai ponsel habis, kunci mobil juga mendukung NFC (bahkan tanpa baterai ponsel) untuk membuka kunci mobil sehingga pengguna tetap memiliki akses ke mobil meskipun Bluetooth tidak berfungsi.

Enkripsi NFC dan Bluetooth dari kunci digital juga hadir di mobil pintar, dan itu sesuai dengan standar ICCE China serta keselamatan jalan dan privasi pengemudi mobil dan penumpang. 

Mulai hari ini, kunci mobil digital hanya tersedia di smartphone Huawei HarmonyOS 2.0, namun, Huawei berencana untuk menambahkan fungsi ini ke seri Huawei Watch 3 juga karena akan lebih nyaman bagi pengemudi untuk membuka kunci mobil mereka dengan sentuhan tombol pergelangan tangan dibandingkan dengan mengeluarkan smartphone dan mengklik tombol.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])