Bus Otonom China Lolos Uji Jalan Terbuka di Paris

Nusantaratv.com - 21 September 2021

Bus otonom China menjalani uji coba di Paris, Prancis. (Xinhua)
Bus otonom China menjalani uji coba di Paris, Prancis. (Xinhua)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Bus otonom (self-driving) sepanjang 12 meter yang dibuat oleh CRRC Electric Vehicle Co., Ltd., menjalani uji coba di jalan terbuka di Paris, Prancis, selama akhir pekan.

Kendaraan itu melewati sekitar enam kilometer di sepanjang rute bus di tenggara Paris pada Jumat (17/9/2021). Dalam waktu sekitar 40 menit, bus otonom itu melewati 26 lampu lalu lintas dan sepuluh halte.

Bus otonom dijadwalkan untuk memulai layanan penumpang reguler pada musim gugur tahun depan, seperti dikutip dari Xinhua, Selasa (21/9/2021).

Kepala Proyek Bus Otonom RATP, selaku operator angkutan massal di ibukota Prancis, Paris itu, Benjamin Joliviere mengatakan, uji coba itu menunjukkan hasil lebih dari positif. 

"Ini adalah pertama kalinya di Prancis bus tanpa pengemudi berjalan di rute bus reguler," kata Benjamin.

Sementara itu, sopir bus RATP, yang duduk di kursi pengemudi selama pengujian, Francois Yann mengungkapkan, performa bus otonom sangat menyakinkan. 

"Setelah melakukan pelatihan dan melihat kendaraan beroperasi, kami melihat kinerjanya sebenarnya sangat meyakinkan. Rasanya seperti teknologi yang kita impikan ketika kita masih kecil. Dan sekarang itu terjadi," ungkap Francois.

Sedangkan Direktur Teknologi Otomasi di CRRC Electric Vehicle Co., Ltd., Peng Zhichuan mengatakan bus otonom ini menampilkan informasi real time tentang orang, kendaraan, dan kondisi jalan, memastikan keselamatan dan meningkatkan efisiensi berkendara.

"Teknologi China telah disesuaikan dengan pasar Prancis bekerja sama dengan perusahaan kami dan RATP," terang Presiden Clement Bayard, perusahaan Prancis yang mengimpor bus ke Prancis, Christelle Tang.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])