BMKG Deteksi Sembilan Titik Panas di Kaltim

Nusantaratv.com - 03 Desember 2022

Informasi sebaran titik panas di Kaltim yang dirilis BMKG Balikpapan, Sabtu (3/12) (Antara / HO BMKG Balikpapan)
Informasi sebaran titik panas di Kaltim yang dirilis BMKG Balikpapan, Sabtu (3/12) (Antara / HO BMKG Balikpapan)

Penulis: Habieb Febriansyah

Nusantaratv.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Balikpapan mendeteksi adanya sembilan titik panas tersebar di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), sehingga pihak terkait diharap menindaklanjuti dengan melakukan penanganan.

"Sebanyak sembilan titik panas tersebut terpantau Jumat, kemarin mulai pukul 01.00 hingga pukul 24.00 wita," ujar Koordinator Bidang Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Kota Balikpapan Diyan Novrida di Balikpapan, Sabtu.

Sebaran sembilan titik panas tersebut pun telah disampaikan ke instansi terkait, terutama kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik di tingkat Provinsi Kaltim maupun kabupaten setempat agar mendapat penanganan lebih lanjut.

Rabu (30/11), pihaknya juga mendeteksi sebanyak 17 titik panas yang tersebar di dua kabupaten dan langsung diinformasikan ke pihak terkait, sehingga titik panas tersebut padam setelah dilakukan penanganan.

Sedangkan sembilan titik panas yang terpantau kemarin, berada di titik koordinat berbeda, meskipun ada yang masih dalam kecamatan maupun kabupaten yang sama.

Sebenarnya, lanjut Diyan, saat ini sudah masuk musim hujan, tapi memang masih ada beberapa kondisi bagi sejumlah kawasan di Kaltim yang mengalami panas beberapa hari berturut-turut, sehingga diharapkan semua pihak selalu waspada terhadap kemungkinan api yang bisa memicu kebakaran.

"Meski sudah masuk musim hujan, tetapi tidak terus menerus terjadi hujan, ada potensi beberapa hari mengalami panas, sehingga kami mengimbau masyarakat tidak membuang puntung rokok sembarangan, tidak melakukan pembakaran saat mengelola lahan untuk meminimalisir atau menghindari titik panas," katanya.

Adapun sembilan titik panas yang terpantau sepanjang Jumat kemarin, tersebar pada tiga kabupaten, yakni Kabupaten Paser dua titik, Kutai Timur lima titik, dan Kabupaten Berau dua titik panas.

Ia merinci, untuk dua titik panas di Kabupaten Paser, keduanya berada di Kecamatan Batu Engau dan keduanya memiliki tingkat kepercayaan menengah.

Kemudian lima titik yang terdeteksi di Kabupaten Kutai Timur, semuanya tersebar pada satu kecamatan, yakni Kecamatan Rantau Pulung dengan tingkat kepercayaan rendah dan menengah.

"Sedangkan dua titik panas yang terpantau di Kabupaten Berau, tersebar pada dua kecamatan, yakni Kecamatan Segah dan Tabalar yang keduanya memiliki tingkat kepercayaan menengah," kata Diyan.(Ant)

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])