Bisakah Suntik Vaksin Flu dan Covid-19 Bersamaan? Ini Kata Ahli

Nusantaratv.com - 08 Oktober 2021

Ilustrasi vaksin flu. (Alodokter)
Ilustrasi vaksin flu. (Alodokter)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Seseorang bisa mendapatkan suntikan vaksin flu dan vaksin Covid-19 pada waktu bersamaan.

Ketika vaksin Covid-19 pertama kali diluncurkan di Amerika Serikat (AS), Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS merekomendasikan untuk menunggu 14 hari antara suntikan dan imunisasi lainnya sebagai tindakan pencegahan. 

Namun, sejak saat itu badan tersebut telah merevisi pedomannya dan mengatakan jika penantian tersebut tidak perlu dilakukan. CDC dan pakar kesehatan lainnya memperlihatkan pengalaman masa lalu yang menunjukkan jika vaksin bekerja sebagaimana mestinya dan efek sampingnya serupa apakah suntikan itu diberikan secara terpisah atau pada waktu bersamaan.

"Kami memiliki sejarah memvaksinasi anak-anak kami dengan beberapa vaksin," kata spesialis flu Richard Webby dari Rumah Sakit Penelitian Anak St. Jude, seperti dikutip dari The Associated Press (AP), Jumat (8/10/2021).

Baca Juga: Uni Eropa Setujui Booster Vaksin Covid-19 Pfizer untuk Usia 18 Tahun ke Atas

Para ahli mengatakan harus tetap terkini pada semua vaksinasi akan sangat penting pada tahun ini. Pasalnya, sejumlah orang mengenakan masker dan tetap berada di rumah, membuat musim flu tahun lalu nyaris tidak tercatat.

Sedangkan pada tahun ini, tidak jelas seberapa intens musim flu dengan lebih banyak tempat dibuka kembali setelah adanya pelonggaran Covid-19. "Kekhawatirannya adalah jika keduanya beredar pada saat yang sama, kita akan mengalami 'kembaran-demik' semacam ini," terang Webby.

"Kekhawatiran dengan itu adalah bahwa ini akan memberi tekanan ekstra pada sistem perawatan kesehatan yang sudah kewalahan," lanjutnya.

CDC merekomendasikan vaksin flu tahunan untuk semua orang yang berusia 6 bulan ke atas, dan mengatakan idealnya setiap orang harus divaksinasi pada akhir Oktober. 

Dibutuhkan 10 hingga 14 hari agar vaksin flu dapat bekerja secara penuh, jadi jika Anda menunggu sampai flu mulai bersirkulasi, tubuh Anda mungkin tidak punya waktu untuk membangun perlindungan. Pilihan vaksin bervariasi berdasarkan usia tetapi mencakup beberapa jenis suntikan atau versi semprotan hidung.

Perlu dicatat, Covid-19, pilek, dan flu semuanya memiliki gejala yang sama. Jadi, jika Anda merasa sakit, CDC mengatakan untuk menunda melakukan vaksinasi sampai Anda benar-benar merasa lebih baik untuk menghindari orang lain sakit.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])