Beredar Rumor Update Desain iOS 18, Terinspirasi VisionOS

Nusantaratv.com - 11 Februari 2024

Beredar rumor pembaruan desain iOS 18 yang terinspirasi dari visionOS. (Gizmochina)
Beredar rumor pembaruan desain iOS 18 yang terinspirasi dari visionOS. (Gizmochina)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Apple biasanya menyukai evolusi desain bertahap untuk iOS, sistem operasi yang menjadi 'otak' di balik semua perangkat besutannya seperti iPhone dan iPad. 

Baru-baru ini beredar rumor update desain iOS 18 dikabarkan terinspirasi visionOS. Di mana iOS 18 mungkin memperkenalkan penyegaran visual yang lebih besar. Dilansir dari Gizmochina, Minggu (11/2/2024), perombakan besar-besaran terbaru terjadi pada layar kunci iOS 16 yang dapat disesuaikan.

Namun, rumor menyebutkan, iOS 18 diperkirakan memperkenalkan penyegaran visual yang lebih besar, mengambil inspirasi dari visionOS, sistem operasi yang mendukung headset Vision Pro Apple. 

The Verifier melaporkan, elemen visual dari visionOS kemungkinan dimasukkan ke dalam iOS 18. Kendati memiliki kesamaan dengan iOS, visionOS menampilkan estetika yang berbeda dengan bentuk yang lebih bulat, bayangan, dan kesan kedalaman yang dicapai melalui jendela yang mengambang dan tumpang tindih. 

Laporan tersebut menunjuk pada update aplikasi Apple TV di tvOS 17.2 sebagai bukti awal transisi ini. Hal itu merujuk pada desain sidebar mengambang baru yang mirip dengan tata letak aplikasi visionOS.

Perlu dicatat, The Verifier memiliki sejarah yang beragam mengenai keakuratan prediksinya, sehingga menjadikan rumor ini masih sangat spekulatif. Selain itu, Mark Gurman dari Bloomberg sebelumnya melaporkan, iOS 18 akan menampilkan "perubahan ambisius", namun apakah ini berkaitan dengan update antarmuka atau fungsionalitas baru yang didukung AI (artificial intelligence) masih belum jelas.

Secara historis, Apple mempertahankan bahasa desain yang berbeda pada setiap sistem operasinya. Misalnya, iOS tidak pernah sepenuhnya mengadopsi ikon bulat atau bayangan gelap hanya karena elemen tersebut ada di watchOS atau macOS. 

Kendati rumor ini mungkin ada benarnya, perubahan desain yang terinspirasi visionOS mungkin lebih mungkin terwujud dalam tvOS. Format layar Apple TV yang lebih besar cocok untuk tata letak visual dengan kedalaman dan lapisan yang lebih dalam, elemen yang lebih berkarakteristik visionOS.

Selain pembicaraan mengenai perubahan desain, ada spekulasi jika Apple iOS 18 bakal menghadirkan fitur AI ke iPhone. Samsung dan Google sudah memimpin dalam bidang ini. Merek Android lainnya secara bertahap mengikuti jejaknya. Apple tentunya tidak mau ketinggalan dalam kompetisi ini. 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])