Benarkah Kucing Dapat Melihat Hantu?

Nusantaratv.com - 22 Oktober 2021

Ilustrasi, kucing (cloudfront.net)
Ilustrasi, kucing (cloudfront.net)

Penulis: Supriyanto

Nusantaratv.com - Ada banyak anggapan bahwa hewan peliharaan seperti anjing dan kucing bisa melihat hantu alias makhluk halus. Namun demikian, apakah benar kucing bisa melihat hantu? 

Dilansir dari Daily Paws, Sabtu (16/10/2021), menurut pakar kesehatan dan perilaku kucing Jackson Galaxy, salah satu kemungkinan mengapa kita berpikir kucing melihat hantu adalah karena kemampuan bawaan kucing. Dia mengatakan, indera kucing lebih tinggi daripada manusia. 

“Misalnya, penglihatan cahaya rendah mereka jauh lebih unggul dari kita. Antara senja dan fajar, para pemburu yang tidak percaya ini harus dapat melihat pada cahaya rendah atau hampir tidak ada cahaya, bergantung pada bulan, agar tetap dapat menangkap mangsanya,” kata Galaxy.

Kucing sering dihubungkan dengan hal-hal gaib sejak zaman dulu. Seperti masyarakat Mesir Kuno. Mereka sangat menghargai kucing dan dianggap sebagai hewan yang sakral. Tidak boleh membunuh kucing. Bahkan ketika kucing itu mati, keluarga yang memeliharanya wajib mencukur alis sebagai bentuk bela sungkawa. 

Alasan itu mereka lakukan karena percaya, bahwa kucing merupakan perantara manusia dengan roh. Sejak saat itulah, kucing diyakini bisa melihat dan berkomunikasi dengan makhluk halus.

Kini menuju ke pertanyaan inti, apakah kucing bisa melihat hantu?

Sampai sekarang tidak ada penelitian ilmiah yang bisa menjelaskan apakah kucing bisa melihat hantu. Tetapi kalau melihat kemampuan di atas, ada kemungkinan kucing bisa merasakan kehadiran makhluk lain di sekitarnya. Manusia saja tidak dapat melihat ultraviolet, mendengar suara listrik, dan lainnya. Sedangkan kucing dapat melakukannya.

Dilansir The Dodo, dokter hewan dari New York, Dr Rachel Barrack, menyebutkan kucing dipenuhi rasa ingin tahu sangat tinggi. Inilah yang membedakan kucing dengan anjing. Kalau ada sesuatu yang mencurigakan, kucing pasti tidak ragu untuk mencari, mengejar, atau mungkin meminta bantuanmu untuk memastikan benda apakah itu.

Tanda kucing bisa melihat hantu!

Memang belum bisa dipastikan, tetapi ada tanda-tanda kucing bisa melihat ‘sesuatu’. Berikut ini di antaranya:

  • Bulunya tiba-tiba tegak tanpa alasan yang jelas, ini mengindikasikan bahwa mereka terkejut
  • Kucing melihat ke arah yang kosong dalam waktu lama
  • Mengeong, mendesis, atau menggeram ke arah yang kosong
  • Matanya bergerak seperti mengikuti sesuatu di depannya
  • Terlihat gelisah, bersembunyi di belakangmu, atau bahkan ingin melindungimu dari sesuatu.

Itulah tanda-tanda kucing bisa melihat ‘sesuatu’. Bagaimana pendapat kamu tentang penjelasan di atas? Silakan berikan pendapat di kolom komentar ya.

Sumber: idntimes.com

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])