Belum Sepekan Berkuasa Kembali di Afganistan, Taliban Hadapi Lawan Baru

Nusantaratv.com - 22 Agustus 2021

Tentara Taliban
Tentara Taliban

Penulis: Ramses Manurung | Editor: Ramses Manurung

Nusantaratv.com, Kabul - Belum sepekan berkuasa kembali di Afganistan, Taliban harus menghadapi lawan baru yang merongrong kekuasaannya. Lawan baru Taliban itu adalah pasukan Mujahidin Afganistan pimpinan Khair Muhammad Andarabi. Pasukan Andarabi mengklaim telah merebut tiga distrik dari tangan Taliban yaitu distrik Pol-e-Hesar, Deh Salah dan Banu di Baghlan Afghanistan.

Pasukan Mujahidin itu menyerang Taliban. Sejumlah pejuang Taliban dilaporkan terluka dan tewas. Bahkan sebuah sumber menyebut ada 60 pejuang Taliban terluka atau terbunuh, mengutip detik, Sabtu (21/8/2021).

Selain pasukan Mujahidin Afganistan, Taliban juga harus menghadapi pasukan perlawanan yang terus merangsek maju. Mereka mengatakan Taliban "tidak bertindak dalam semangat amnesti umum".

Baca juga: Banyak Mayat di Ruang Roda Pesawat AS yang Terbang dari Afganistan

Pasukan perlawanan disebut berhasil merebut kembali Distrik Pol-e-Hesar, yang terletak di utara Kabul dan dekat dengan lembah Panjshir, pada Jumat (20/8/2021). Perlawanan Afghanistan mengerahkan pasukannya melawan Taliban.

Meski telah berhasil merebut ibu kota Kabul dan menduduki istana presiden namun Taliban belum mampu menguasai Provinsi Panjshir.

Sementara itu, Wakil presiden Afghanistan Amrulla Saleh, yang mengaku sebagai presiden sementara negara itu, berusaha membentuk front perlawanan terhadap Taliban dari provinsi Panjshir.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])