Beberapa Jam Menjabat, PM Swedia Magdalena Andersson Mengundurkan Diri

Nusantaratv.com - 25 November 2021

PM Swedia Magdalena Andersson. (Reuters)
PM Swedia Magdalena Andersson. (Reuters)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Perdana Menteri (PM) wanita pertama Swedia, Magdalena Andersson, mengundurkan diri dari jabatannya hanya beberapa jam setelah dipilih.

Pemerintah Swedia mengumumkan pengunduran diri Andersson pada Rabu (24/11/2021) melalui akun Twitter resmi pemerintah. "Langkah dramatis itu terjadi sebelum Andersson sepenuhnya menjabat karena dia belum berkonsultasi dengan Raja," kata seorang juru bicara, seperti dikutip dari CNN, Kamis (25/11/2021).

Pengunduran diri Andersson menyusul penolakan anggaran di Parlemen pada Rabu (24/11/2021), akun Twitter Swedia menambahkan, dan anggota parlemen mendukung RUU oposisi.

Sementara itu, Partai Hijau juga telah memutuskan untuk meninggalkan pemerintahan koalisi minoritas dengan Sosial Demokrat Andersson. "Pemerintah saat ini akan tetap sebagai pemerintahan sementara sampai pemerintahan baru terbentuk," tambahnya.

Andersson mengatakan kepada ketua parlemen jika dia berharap untuk diangkat kembali sebagai Perdana Menteri di kepala 'satu partai, pemerintahan Sosial Demokrat,' lapor Reuters.

Wanita berusia 54 tahun itu menggantikan Stefan Löfven, yang baru-baru ini mengundurkan diri sebagai Perdana Menteri negara itu dan sebagai pemimpin partai Sosial Demokrat.

Semua negara Nordik lainnya, yakni Finlandia, Denmark, Norwegia dan Islandia, sebelumnya telah memilih pemimpin nasional wanita. Sebagai Perdana Menteri, Anderson didahului oleh 33 pria.

Dia sebelumnya bekerja sebagai wakil direktur jenderal Badan Pajak Swedia, menurut riwayat hidup-nya di situs web pemerintah Swedia. Andersson meraih gelar master di bidang ekonomi dari Stockholm School of Economics dan telah menjabat sebagai menteri keuangan Swedia sejak 2014.

Dia juga wanita kedua yang mengepalai partai kiri-tengah Sosial Demokrat, menurut akun Twitter pemerintah Swedia.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])