Barcelona Tersingkir dari Liga Champions, Atletico Untung Ratusan Miliar

Nusantaratv.com - 17 April 2024

Tersingkirnya Barcelona dari Liga Champions jadi keuntungan tersendiri bagi Atletico Madrid. (FIFA)
Tersingkirnya Barcelona dari Liga Champions jadi keuntungan tersendiri bagi Atletico Madrid. (FIFA)

Penulis: Marco Tampubolon

Nusantaratv.com - Dua wakil Spanyol, Atletico Madrid dan Barcelona bernasib serupa di babak perempat final Liga Champions 2023/2024. Keduanya sama-sama angkat koper setelah menelan kekalahan pada leg kedua, Rabu (17/4/2024) dini hari WIB. 

Atletico yang sudah unggul agregat 2-1 gagal melaju ke semifinal usai dipermalukan Borussia Dortmund 4-2 pada leg kedua di Signal Iduna Park. Sedangkan Barca yang memimpin agregat 3-2 juga menyerah 1-4 atas PSG di Olimpic Lluis Companys.

Kegagalan ini tentu saja memberi pukulan telak bagi kedua tim. Meski demikian, tersingkirnya Atletico bisa sedikit terhibur dengan kegagalan Barca ke semifinal. 

Kok bisa?

Seperti dilansir dari Football Espana, duka Barca ternyata  menjadi penghasilan tambahan bagi Colchoneros. Pasukan Diego Simeone bakal menerima sekitar  €50m atau sekitar Rp838 M dari keikutsertaan mereka di ajang Piala Dunia Antarklub 2025. 

Uang ini tidak akan mengalir ke kantong Atletico bila Barcelona berhasil lolos ke semifinal Liga Champions. Namun karena Barca juga tersingkir, Atletico sesuai aturan baru yang berlaku dipastikan jadi wakil Spanyol yang terbang ke Amerika Serikat. 

Seperti diketahui, Piala Dunia Antarklub tahun 2025 nanti akan diikuti oleh 32 tim. Dari Spanyol, baru Real Madrid yang memastikan tempat di babak utama. Sementara satu tempat lagi diperebutkan oleh Atletico Madrid dan Barcelona lewat jalur peringkat. 

Dengan hanya sembilan poin tersisa (tujuh dari laga, dua dengan melaju ke babak semifinal Liga Champions), pasukan Diego Simeone unggul enam poin dari Barcelona di papan klasemen. Dan jika Barcelona, yang memimpin 3-2 pada leg pertama, disingkirkan oleh Paris Saint-Germain (FRA), maka Atletico dipastikan lolos. 

Pemasukan tambahan sangat berarti besar bagi Atletico Madrid di tengah situasi keuangan mereka yang jauh dari ideal. Untuk alasan yang sama, Barcelona sangat ingin lolos, tapi sekarang mereka tidak bisa, dan ini merupakan pukulan besar.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])