Bangun Istana, Bulan Ini Jokowi ke IKN

Nusantaratv.com - 17 Agustus 2022

Jokowi di IKN Nusantara. (Net)
Jokowi di IKN Nusantara. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan melakukan peletakan batu pertama (ground breaking) istana di lokasi yang akan menjadi Ibu Kota Negara (IKN) baru Indonesia, Nusantara, di Sepaku, Kalimantan Timur, pada bulan ini.

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono membenarkan hal itu. Tapi, ia belum bisa memastikan waktu persis acara tersebut, hanya menyebut sebelum Agustus berakhir.

"Jadi ke IKN sebelum Agustus selesai. (ground breaking) Istana Negara," ujar Heru di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/8/2022).

Menurut Heru, pihaknya hingga kini masih berkoordinasi dengan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. Ia mengatakan rencana final waktu ground breaking itu akan diumumkan segera. 

Ia menyatakan rencana kunjungan ke IKN Nusantara kemungkinan tak dilakukan pekan ini, lantaran Jokowi telah memiliki agenda di daerah lain.

"Besok ke Karawang. Akhir Agustus kunjungan ke daerah timur," kata dia.

Jokowi sebelumnya mencanangkan pemindahan ibu kota negara ke IKN Nusantara. Rencana ini telah direstui DPR melalui Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara.

Jokowi pun telah menunjuk seniman I Nyoman Nuarta untuk mendesain kompleks istana kepresidenan. Istana akan berbentuk burung garuda yang mengepakkan sayap di atas bukit.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])