Awas Copet! Ini Teknik Mencopet dari Berbagai Negara

Nusantaratv.com - 01 Januari 2022

Ilustrasi mencopet (news.okezone.com)
Ilustrasi mencopet (news.okezone.com)

Penulis: Supriyanto

Nusantaratv.com - Berlibur bersama keluarga tercinta ke luar negeri, ke negara-negara yang terkenal akan keindahannya, seperti Spanyol, Belanda, Yunani, Italia, Perancis dan lain sebagainya tentu sangat menyenangkan.

Namun, janganlah mengira keadaan di luar negeri akan aman, kita harus tetap waspada dan berhati-hati dengan aksi kejahatan yang dilakukan para pencopet. Karena meski di luar negeri, jenis kejahatan yang satu ini juga ada dan dilakukan dengan lebih berani. 

Bisa-bisa liburan anda yang seharusnya menyenangkan harus berakhir dengan kekesalan dan kesedihan karena barang-barang berharga anda, misalnya tas yang berisi dompet dengan jumlah uang yang cukup banyak, berbagai macam kartu identitas diri seperti KTP, SIM, pasport dan visa hilang seketika tak berbekas.

Oleh karena itu untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak mengenakkan tersebut, ada baiknya kita mencari informasi negara yang menjadi tujuan kita, apakah negara tersebut banyak copetnya atau tidak. 

Copet adalah suatu aksi kejahatan yang dilakukan dengan cara mengambil barang orang lain di saku atau tas tanpa sepengetahuan atau seijin korban, inilah negara-negara yang tukang copetnya mempunyai ciri khas khusus dalam tehnik mencopet.

1. BARCELONA, SPANYOL

Salah satu sudut di kota Barcelona (idntimes.com)
Barcelona adalah tujuan wisata pertama wisatawan di Spanyol! Namun, meski sejumlah pemandangan di kota ini tampak indah, Barcelona juga dikenal sebagai kota yang banyak pencopetnya. Jika pencopetan dipertandingkan di Olympiade, Barcelona akan mendapat medali emas!

Kalau berjalan di jalan yang terkenal La Rambla, sebaiknya anda memakai ransel di depan. Pencopet bekerja beregu – 1 orang mengalihkan perhatian anda dan satu lagi membuka tas atau merogoh lewat saku anda. Mereka tidak ragu-ragu untuk mempergunakan gunting atau silet untuk bisa mengambil barang anda.

Teknik yang digunakan:
Seorang penduduk setempat yang bersahabat menyadari bahwa pakaian anda kotor dan menawarkan diri untuk memberi anda sehelai handuk agar anda bisa membersihkan diri. Yang sebenarnya terjadi adalah teman dari orang yang menawarkan handuk tersebut yang menumpahkan sesuatu pada baju anda. Sesudah menerima handuk dan mulai membersihkan diri, pikiran anda sibuk dan memudahkannya untuk memeriksa tas atau saku anda.

2. ROMA, ITALIA

Roma Italia (idntimes.com)

Pencopet adalah masalah yang terus meningkat di Itali. Disamping Florence (urutan ke 6), Roma adalah negara paling ramai oleh turis. Tetapi tidak hanya itu – Roma juga surga bagi pencopet. Pencopetnya bukan orang lokal – mereka adalah pendatang miskin yang mencari cara untuk bertahan hidup. Pencopetan banyak terjadi di transportasi umum.

Teknik yang digunakan:
Seorang gadis gipsi muda atau seorang wanita mendekati anda kemudian berlagak tersandung dan dengan tidak sengaja menjatuhkan bayinya – hampir terlihat dia melemparkan bayi ke tangan anda. Anda akan menangkapnya untuk mencegah agar tidak jatuh dan saat itu barang yang anda pegang akan terjatuh dari tangan anda. Temannya dengan cepat mengambil apapun yang jatuh dari tangan anda, dan segera lari. Setelah itu anda sadar kalau bayi yang anda tolong tersebut adalah boneka.

3.PRAHA, REPUBLIK CEKO

Praha Cekoslowakia (idntimes.com)
Cekoslovakia adalah sebuah negara di Eropa Timur yang sangat cantik, dengan Praha atau Prague sebagai ibu kotanya. Ada sebuah bangunan tua yang masih berdiri kokoh sampai dengan arsitektur gothic yang dibangun di tahun 1400 yang sangat menawan hati. Hal inilah yang menjadikan banyak pengunjung tertarik untuk melihat. Namun ada masalah yang sangat mengganggu, yakni banyaknya pencopet. Kita harus selalu waspada dengan segala barang bawaan. Pencopet banyak beraksi di tempat wisata yang sangat ramai.

Teknik yang digunakan:
Wanita muda menatap anda di jalan, ketika anda balas melihat, anda sudah dicopet oleh teman wanita itu.

4. MADRID, SPANYOL

Madrid, Spanyol (tourkeeropa.com)
Kota Madrid di Spanyol adalah tujuan wisatawan Eropa lain yang selalu menjadi tujuan wisata para turis asing. Kalau anda sedang berjalan ke tempat atraksi adu banteng anda lebih baik berhati-hati – apa yang kelihatannya seperti orang kebanyakan bisa jadi adalah kerumunan penuh orang lapar akan dompet anda!

Teknik yang digunakan:
Seseorang dengan kamera mendekati anda dan meminta tolong memotret mereka. Anda akan menaruh tas anda sebentar untuk mengambil gambar – di saat yang sama seseorang dari belakang merampas tas dan lari.

5. PARIS, PERANCIS

Menara Eiffel, Perancis (tourkeeropa.com)
Perancis dan Paris dengan Eiffel Tower anggunnya adalah salah satu tempat wisata terbaik di dunia. Orang dari seluruh dunia datang dan mencoba masakan terkenal Perancis dan menemui penduduk setempat yang bersahabat. Namun kita tetap harus berhati-hati dengan keberadaan pencopet di kota itu.

Teknik yang digunakan:
Pemuda tampan berjalan berkeliling mencoba menemukan wisatawan wanita untuk memberi mereka mawar merah sebagai hadiah. Ini akan membuat wanita bahagia dan tak mencurigai dan dia akan menjadi sasaran empuk bagi pencopet yang bersekutu dengan pemuda tampan yang menyerahkan bunga. Jika pencopet tidak menemukan benda berharga mereka mungkin meminta uang sebagai bayaran untuk bunga itu.

6. FLORENCE, ITALIA

Florence, Italia (expedia.com)
Negara ini menghadapi kesusahan utama dengan pencopet. Sewaktu orang-orang kehilangan pekerjaan pada saat krisis ekonomi semakin banyak orang yang menjadikan pencopetan sebagai mata pencarian mereka.

Teknik yang digunakan:
Ketika anda sedang melihat-lihat di toko lokal, anda akan memusatkan seluruh perhatian anda ke arah barang-barang di toko. Seorang pencopet melihat itu dan dengan lembut membuka tas atau dompet anda untuk memeriksa isinya.

7. BUONOES AIRES, ARGENTINA

Buenos Aires, Argentina (bertigamasghitub.io)
Buenos Aires adalah salah satu tujuan wisata popular di Amerika Latin, tetapi juga surga bagi pencopet. Hati-hati dengan gerombolan anak-anak yang mengikuti turis dan juga dengan gaya klasik, Hit and Run!!!

Teknik yang digunakan:
Segerombolan anak mendekati anda dengan sebuah kertas atau kartu yang ada tulisannya. Pemimpinnya akan membuat anda membaca di bawah dagu dan selagi fokus baca, anak yang lain mencopet barang-barang anda.

8. AMSTERDAM, BELANDA

Amsterdam, Belanda (travel.tribunnews.com)

Kehidupan malam hari di Amsterdam, ganja legal dan daerah pelacuran dengan wanitanya yang tak terbilang semuanya hebat, tetapi hanya saat anda masih mempunyai uang untuk membayar semua itu! Pencopet mengambil keuntungan di daerah pelacuran Amsterdam’s “No Camera policy”. Tak seorang pun boleh mengambil gambar di daerah ini – ini berarti tidak ada kamera pengawas yang bisa menolong anda melawan kejahatan.

Teknik yang digunakan:
Seseorang mendorong anda dari belakang atau dari sebelah dan terlihat seperti hanya ingin melewati anda atau tak sengaja tersenggol. Sebenarnya ada orang lain di arah berlawanan yang mencopet dompet dan barang2 anda.

9. ATHENA, YUNANI

Athena, Italia (threesixtytraveller.blogspot.com)
Yunani dengan ibu kota Athena adalah salah satu tujuan wisata yang paling populer di dunia. Namun, meski sektor wisatawan yang berkembang pesat, pencopetnya juga banyak. Jika sedang mengunjungi Parthenon atau Acropolis – pastikan tidak pernah mengabaikan keberadaan tas ketika Anda sedang mengagumi monumen kuno. Seseorang yang kelihatannya seperti wisatawan bisa jadi pencopet yang mengincar tas anda tersebut.

Teknik yang digunakan:
Sejumlah anak Gypsy mengerumuni dan tanpa ragu mulai merampok barang-barang anda. Keberanian ini akan membuat anda terkejut, saat yang bersamaan anak-anak akan saling mengoper barang-barang anda dan berlari ke berbagai arah. Dompet, ponsel dan kamera anda sangat mungkin berpencar ke jurusan berbeda. Kadang-kadang anak-anak akan memberikan barang milik anda kepada wanita tua dan menyembunyikan di bawah rok mereka. Polisi tidak akan melihat ke bawah rok!

10. HANOI, VIETNAM

Hanoi, Vietnam (beefreetour.com)
Jika menyebut kata Vietnam, kebanyakan akan teringat akan Perang yang pernah terjadi di negara ini 40 tahun yang lalu. Dengan ibukotanya bernama Hanoi, Vietnam menjadi tempat tujuan wisata para turis asing, karena banyak pemandangan bagus di kota ini. Tapi saat kita berkunjung ke Hanoi, sebaiknya kita harus selalu waspada, pasalnya kota ini menjadi rumah bagi para pencopet. 

Kebanyakan atraksi wisatawan di Hanoi terletak di tempat terbuka dan penuh sesak oleh sebab itu sangat mudah menjadi sasaran untuk pencopet.

Teknik yang digunakan:
Cara paksa. Seorang pencopet bisa menggunakan sepeda motor untuk mencuri tas tangan anda. Pastikan bahwa tas tangan anda tidak terlalu mudah untuk dirampas. Sebaiknya jinjing tas anda di sisi yang lebih sedikit orang dan kendaraan.

Sumber: beritaunik.net

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])