Atasi Pandemi Setahun, WHO Siapkan Duit Rp331 T

Nusantaratv.com - 29 Oktober 2021

WHO. (Net)
WHO. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, menyatakan butuh dana sekitar US$24,3 miliar atau sekitar Rp331 triliun guna penanganan Covid-19 selama satu tahun ke depan. Anggaran itu dipakai untuk membantu penanganan pandemi di negara-negara dengan risiko penyebaran yang tinggi. 

"Kemitraan ACT-Accelerator dari lembaga kesehatan global terkemuka membutuhkan US$23,4 miliar untuk membantu negara-negara yang paling berisiko, mengamankan dan menyebarkan alat Covid-19 sejak sekarang hingga September 2022," tulis keterangan resmi WHO.

Dana tersebut akan direalisasikan dalam bentuk alat tes, perawatan, hingga vaksinasi secara masal. Uang yang dikucurkan lewat ACT-Accelerator ini diperuntukkan mencegah ketimpangan penanganan Covid-19 antar negara.

Rencana panjang WHO ke depan fokus pada upaya pencegahan lima juta potensi kematian akibat virus Corona.

"Untuk mengakhiri pandemi, pemerintah, produsen, dan donatur harus sepenuhnya mendanai ACT-Accelerator untuk mengatasi ketidakadilan dalam akses ke vaksin, tes, dan perawatan Covid-19" ujar Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus.

Kini pandemi Covid-19 masih berlangsung. Meski vaksinasi gencar, namun sejumlah negara masih harus berhadapan dengan ancaman varian baru.

Tren kasus baru Covid-19 secara global tengah mengalami kenaikan. Sempat berada di angka 350 ribu kasus baru per hari di awal Oktober, kini di akhir Oktober kasus harian mencapai 479 ribu.

Negara-negara Eropa jadi penyumbang kasus baru harian terbanyak, seperti Rusia, Ukraina, Jerman, dan Rumania.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])