Arab Saudi Gagalkan Penyelundupan 12 Juta Pil Captagon

Nusantaratv.com - 02 Oktober 2021

Pihak berwenang gagalkan penyelundupan pil Captagon. (Saudi Gazette)
Pihak berwenang gagalkan penyelundupan pil Captagon. (Saudi Gazette)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Otoritas Zakat, Pajak, dan Bea Cukai (ZATCA) Arab Saudi berhasil menggagalkan upaya penyelundupan lebih dari 12 juta pil Captagon.

Upaya penyelundupan ditemukan di Pelabuhan Jeddah pada Jumat (1/10/2021), seperti dikutip dari Saudi Gazette. Pihak berwenang mengatakan obat-obatan itu disembunyikan dalam paket kiriman yang terdeteksi oleh pihak keamanan pelabuhan Jeddah.

Pihak berwenang juga mengatakan sejumlah pelaku yang menerima jutaan pil Captagon ditangkap. Ditegaskannya, pihak berwenang melakukan cara terbaik guna mencegah dan menggagalkan setiap upaya penyelundupan.

Baca Juga: Arab Saudi Bersihkan 1.351 Ranjau Houthi di Yaman

Mereka menegaskan akan melakukan penyitaan sekaligus memperketat kontrol bea cukai atas semua impor dan memerangi penyelundupan dalam segala bentuknya.

Dua upaya penyelundupan digagalkan Agustus lalu oleh otoritas di Pelabuhan Jeddah. Dalam upaya penyelundupan pertama, sejumlah pil Captagon berjumlah lebih dari 8,7 juta butir disembunyikan di dalam buah kakao. Pada penyelundupan kedua, terdapat sekitar 1,6 juta pil Captagon disembunyikan di lantai truk yang berlubang.

ZATCA meminta siapapun yang memiliki informasi terkait dugaan operasi penyelundupan atau melanggar bea cukai dapat menghubungi saluran rahasia Pusat Laporan Keamanan. Dan, imbalan finansial tersedia untuk informasi yang valid.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])