Apple Menghapus Aplikasi Jejaring Sosial Terbesar Rusia dari App Store

Nusantaratv.com - 29/09/2022 15:40

Aplikasi VK / CNN
Aplikasi VK / CNN

Penulis: Harry Prasetyo

Nusantaratv.com - Apple telah menghapus serangkaian aplikasi milik VK, raksasa teknologi Rusia, dari App Store-nya . Termasuk juga aplikasi bernama VKontakte yang telah diunduh ratusan juta kali di App Store Apple.

Sebuah pernyataan oleh VK menyatakan beberapa aplikasi VK diblokir oleh Apple tetapi perusahaan akan terus mengembangkan dan mendukung aplikasi iOS.

Kementerian Urusan Digital Rusia mengatakan saat ini sedang menyelidiki alasan untuk menghapus aplikasi VK dan akun pengembang, menggarisbawahi signifikansi sosial dan skala penggunaan layanan yang disediakan oleh perusahaan Rusia.

Sepertinya larangan aplikasi Apple terinspirasi oleh invasi Rusia ke Ukraina. Pemerintah Rusia telah memblokir akses ke banyak aplikasi media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Twitter.

Vkontakte didirikan Pavel Durov pada tahun 2006 yang mana orang yang sama di balik aplikasi pesan terenkripsi Telegram. Durov dikeluarkan dari perusahaan karena penolakannya untuk "bekerja sama dengan pihak berwenang,"

Selain VKontakte, banyak aplikasi lain yang dibuat oleh VK, termasuk Mail.ru, VK Music, dan iklan Youla telah dihapus dari App Store Apple.

Awal tahun ini, Apple memutuskan untuk berhenti menjual produknya di Rusia dan juga membatasi akses ke banyak aplikasi berita Rusia. Hal ini terjadi setelah sanksi mencegah orang Rusia menggunakan Google Pay dan Apple Pay.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in