Anjing Ini Bisa Deteksi Orang yang Terinfeksi Covid-19

Nusantaratv.com - 07 Januari 2022

Anjing ini bisa mendeteksi penderita Covid-19. (Twitter @BristolSheriff)
Anjing ini bisa mendeteksi penderita Covid-19. (Twitter @BristolSheriff)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Dua anjing yang dilatih untuk mendeteksi bau khas orang yang terinfeksi Covid-19 mengunjungi tiga distrik sekolah di Bristol County, Amerika Serikat (AS).

Upaya tersebut dilakukan guna melakukan pelacakan yang aman dan nyaman bagi anak-anak di tengah penyebaran virus mematikan itu. Seekor Labrador hitam bernama Huntah dan Labrador emas bernama Duke dapat mendeteksi bau virus di permukaan. Mereka akan duduk di depan orang yang terinfeksi untuk menunjukkan saat telah mencium bau tersebut.

Pengawas Sekolah Fairhaven Tara Kohler menyambut kehadiran anjing-anjing itu. Dia mengatakan kehadiran mereka menunjukkan kepada siswa upaya yang dilakukan guna membuat anak-anak nyaman dalam pelacakan penyebaran virus corona.

"Kami melakukan segala yang kami bisa untuk mengurangi risiko dan saya ingin mereka merasa aman dan tidak cemas tentang lingkungan mereka," ujar Kohler, seperti dikutip dari The Associated Press (AP), Jumat (7/1/2022).

Anjing-anjing itu akan mengunjungi sekolah-sekolah di distrik sekolah Freetown, Lakeville dan Norton. "Dengan Covid, apakah itu Omicron, apakah itu Delta, anjing kami akan menyerangnya," jelas Kapten Kawasan Bristol Paul Douglas.

"Dan kalau ada varian baru yang keluar dalam enam bulan, mudah-mudahan tidak ada, tapi kalau ada, Covid adalah Covid," imbuhnya.

Diketahui, anjing-anjing itu dilatih menggunakan program deteksi yang dikembangkan oleh Institut Penelitian Forensik Internasional Florida International University. WBZ-TV pertama kali melaporkan penggunaan anjing pendeteksi di kawasan Bristol pada Juli lalu.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])