Aksi Balasan, Rusia Usir Dua Diplomat Jerman

Nusantaratv.com - 21 Desember 2021

Ilustrasi bendera Rusia. (Human Rights Watch)
Ilustrasi bendera Rusia. (Human Rights Watch)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Rusia mengusir dua diplomat Jerman persona sebagai pembalasan atas pengusiran dua diplomat Rusia dari Berlin. 

Kementerian Luar Negeri Rusia pada Senin (20/12/2021) mengumumkan persona nongrata bagi dua diplomat Jerman tersebut. Dikutip dari Anadolu Agency, Selasa (21/12/2021), kementerian mengatakan telah memanggil Duta Besar Jerman untuk Rusia Geza Andreas von Geyr dan membuat protes resmi atas pengusiran diplomat Rusia.

Kementerian menyatakan pengusiran diplomat Rusia tersebut menggunakan dalih yang benar-benar tidak adil dan bias. Dikatakannya, pengusiran tersebut berkaitan dengan warga negara Rusia Vadim Krasikov yang ditahan pada 15 Desember.

Di mana pengadilan Jerman menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup kepada Krasikov, atas pembunuhan terhadap warga negara Georgia, Zelimkhan Khangoshvili pada 2019. Vadim Krasikov adalah perwira intelijen Rusia yang menyamar dan mengubah identitasnya menjadi Vadim Sokolov.

Mengomentari putusan itu, Menteri Luar Negeri Jerman Annalena Baerbock mengatakan, penyelidikan juga menemukan pembunuhan itu dilakukan atas perintah badan-badan negara Federasi Rusia.

Dan, sebagai protes, Jerman mengusir dua diplomat Rusia. "Pihak Rusia dengan tegas menolak tuduhan yang tidak berdasar dan terlepas dari kenyataan tentang keterlibatan struktur negara Rusia dalam kejahatan ini," demikian pernyataan Kementerian Luar Negeri Rusia.

"Rusia akan selalu merespons secara proporsional secara proporsional terhadap setiap potensi serangan konfrontatif oleh Berlin terhadap kami di masa depan," tambahnya.

Diketahui, Khangoshvili, merupakan seorang etnis Chechnya. Dia berperang melawan tentara Rusia selama Perang Chechnya Kedua mulai 1999 hingga 2009. Khangoshvili bekerja di Georgia dan Ukraina guna melawan kepentingan Rusia.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])