Akhir September, Jepang Siap Cabut Pembatasan Darurat Covid-19

Nusantaratv.com - 28 September 2021

Ilustrasi Covid-19 di Jepang. (Net)
Ilustrasi Covid-19 di Jepang. (Net)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Pemerintah Jepang akan meminta persetujuan para penasihat untuk mencabut semua pembatasan darurat Covid-19 pada akhir September 2021.

Hal tersebut lantaran jumlah kasus virus corona turun dan tekanan pada sistem layanan kesehatan mereda, kata Menteri Ekonomi Jepang Yasutoshi Nishimura, Selasa (28/9/2021), seperti dikutip dari Reuters.

Jika disetujui oleh panel penasihat pemerintah, Jepang secara keseluruhan akan keluar dari keadaan darurat untuk pertama kalinya dalam hampir enam bulan.

Baca Juga: Pemerintah Setujui Keputusan Putri Mako Tolak Uang Pernikahan Rp19 Miliar

Seperti banyak negara lain, Jepang telah berjuang untuk menahan penyebaran Covid-19 varian Delta yang sangat menular, termasuk selama Olimpiade Musim Panas, dengan membuat sebagain besar wilayahnya berada di bawah pembatasan darurat.

Namun, kasus baru harian Covid-19 terus menurun selama sebulan terakhir, yakni menjadi 2.129 pada Minggu (26/9/2021). Sementara itu, jumlah kasus parah Covid-19 juga turun.

Sekitar 56 persen dari populasi Jepang telah divaksinasi lengkap dan pemerintah mengatakan semua orang yang ingin divaksinasi akan mendapatkan suntikan vaksin pada November.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])