Abdelaziz Bouteflika, Presiden Terlama Aljazair Itu Berpulang

Nusantaratv.com - 18 September 2021

Mantan Presiden Aljazair Abdelaziz Bouteflika. (Istimewa)
Mantan Presiden Aljazair Abdelaziz Bouteflika. (Istimewa)

Penulis: Adiantoro

Nusantaratv.com - Mantan Presiden Aljazair Abdelaziz Bouteflika wafat pada usia 84 tahun, TV pemerintah Aljazair mengumumkan pada Sabtu (18/9/2021) pagi waktu setempat.

Bouteflika, seorang veteran perang kemerdekaan Aljazair, telah memerintah negara Afrika Utara itu sejak 1999, atau selama dua puluh tahun sebelum pengunduran dirinya pada April 2019. Jabatan yang diembannya itu dianggap paling lama untuk Aljazair.

Setelah kemerdekaan Aljazair dari Prancis pada 1962, Bouteflika menjadi menteri luar negeri pertama Aljazair dan tokoh berpengaruh dalam Gerakan Non-Blok yang memberikan suara global ke Afrika, Asia dan Amerika Latin, seperti dikutip dari Saudi Gazette, Sabtu (18/9/2021).

Pada 2 April 2019, Bouteflika secara resmi mengundurkan diri dari kursi kepresidenan setelah demonstrasi besar-besaran dari massa dan tentara yang menolak rencananya untuk mencalonkan diri untuk masa jabatan kelima sebagai orang nomor satu di Aljazair.

Abdelkader Bensalah kemudian ditunjuk sebagai pemimpin Aljazair sementara, dan mengumumkan Aljazair akan mengadakan pemilihan presiden pada 12 Desember 2019. Akhirnya, Abdelmadjid Tebboune terpilih dan diangkat sebagai Presiden Aljazair pada 19 Desember 2019, yakni presiden kedelapan yang memerintah negara itu.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])