5 Tips Ampuh Lawan Obesitas dari Pakar

Nusantaratv.com - 18/05/2022 20:40

Ilustrasi kegemukan / indianexpress.com
Ilustrasi kegemukan / indianexpress.com

Penulis: Harry Prasetyo | Editor: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Obesitas adalah suatu kondisi tubuh dimana kelebihan jumlah lemak menumpuk. Selain gendut, obesitas juga mengarah lebih jauh ke risiko kesehatan lain yang melibatkan penyakit jantung, diabetes, tekanan darah tinggi, dan dalam kasus tertentu, beberapa jenis kanker. Di negara berkembang, Obesitas dan kelebihan berat badan adalah kekhawatiran yang berkembang yang terlihat meningkat secara eksponensial selama bertahun-tahun.

Namun Obesitas bersifat reversible, Sudarshan S, Konsultan Dokter Keluarga, Medall Healthcare mengatakan, “Obesitas dapat dicegah dan dibalikkan, jika Anda mengikuti gaya hidup yang tepat dan mengonsumsi makanan yang sehat. Tentu saja, ada perawatan medis dan bedah terbaru yang tersedia untuk mengobati obesitas, tetapi jika kita melakukan sedikit untuk diri kita sendiri dengan mengubah gaya hidup, pilihan yang kita buat, kita bisa mengatasi obesitas secara alami.”

Sudarshan S lebih lanjut mencatat lima perubahan gaya hidup yang harus dimasukkan dalam kehidupan kita sehari-hari untuk membalikkan Obesitas dan menjalani hidup sehat.

'Epidemi obesitas' Eropa membunuh lebih dari 1,2 juta orang per tahun, menurut laporan WHO yang baru.

Obesitas di Eropa telah mencapai "proporsi epidemi," dan menyebabkan setidaknya 200.000 kasus kanker dan 1,2 juta kematian per tahun, sebuah laporan baru yang diterbitkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Hampir sepertiga anak-anak dan 59 persen orang dewasa di Eropa kelebihan berat badan atau hidup dengan obesitas.

Mengkonsumsi makanan sehat : Sudarshan mencatat bahwa makanan yang mengandung karbohidrat olahan, gula dan makanan yang digoreng harus dihindari secara sadar. Ia juga menyarankan untuk lebih banyak mengkonsumsi sayuran berdaun hijau agar dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Latihan: Minimal 45 menit dalam sehari harus didedikasikan untuk berolahraga. “Olahraga mengencangkan otot Anda dan memiliki efek positif dalam mengurangi lemak perut. Kombinasi latihan kardio dan latihan beban adalah cara yang baik untuk mengurangi berat badan, ”tambah Sudarshan.

Hindari merokok, konsumsi alkohol : Merokok dan konsumsi alkohol, keduanya membawa efek buruk yang parah bagi tubuh. Alkohol secara langsung mempengaruhi hati, sementara merokok menambah komplikasi yang sudah ada terkait dengan obesitas seperti penyakit kardiovaskular dan kanker.

7-8 jam tidur : Untuk mencapai keseimbangan metabolisme dan berfungsi dengan baik setiap hari, tubuh kita membutuhkan jumlah tidur dan istirahat yang cukup untuk mengisi energi diri kita sendiri.

Hindari stres : Stres menyebabkan pesta makan. Sudarshan menyarankan bahwa cara alternatif untuk mengatasi stres harus dieksplorasi – meditasi dan yoga juga dapat dipraktikkan.

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in