4 Minuman Hangat Berempah Ini Cocok Diminum di Musim Hujan

Nusantaratv.com - 31 Januari 2024

Minuman berempah (foto: kombasmart.com)
Minuman berempah (foto: kombasmart.com)

Penulis: Supriyanto

Nusantaratv.com - Indonesia mengenal dua musim, yaitu musim kemarau dan musim penghujan. Saat ini di sejumlah wilayah di Indonesia mulai memasuki musim penghujan, hampir tiap hari hujan turun dimana-mana.

Ketika hujan turun udara pun jadi dingin, hal ini membuat kita malas pergi ke luar rumah. Biasanya orang akan memilih tiduran atau bersantai di rumah. Saat hujan turun dan udara dingin, minum minuman hangat berempah. Selain menyegarkan, minuman berempah bisa untuk menghangatkan tubuh dan mencegah masuk angin.

Banyak minuman rempah yang menyehatkan. Melansir dari Kumparan.com, berikut beberapa minuman hangat berempah yang bisa jadi pilihan di musim hujan.

1. Wedang Jahe

Wedang Jahe (foto: rumahmesin.com)


Minuman herbal ini terbuat dari jahe, gula merah, dan air. Minuman ini memiliki rasa yang hangat dan pedas, sehingga dapat membantu menghangatkan tubuh dengan cepat. 

Selain rasanya yang enak, wedang jahe juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Minuman ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan jahe hangat memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membantu meredakan gejala masuk angin.

2. Wedang Ronde

Wedang Ronde (foto: graved.com)


Wedang ronde adalah minuman tradisional Indonesia yang terbuat dari ronde bola ketan berasa pasta kacang, jahe, gula merah, dan santan. disajikan dalam kuah jahe hangat dengan taburan kacang sangrai. 

Wedang ronde memiliki rasa yang hangat manis dan gurih, cocok untuk menemani saat-saat santai di musim hujan. Rasa gurih dari santan berpadu dengan rasa manis dari gula merah dan rasa pedas dari jahe, menciptakan rasa yang unik dan menggugah selera. Selain itu, ronde juga memiliki kandungan serat yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan.

3. Bandrek

Bandrek (foto: serikatnews.com)

Bandrek adalah minuman tradisional Indonesia berasal dari daerah Jawa Barat. Perpaduan atara jahe merah, gula merah, daun pandan, kayu manis, sirih, cengkeh, serai yang di geprek dan berbagai rempah lain menciptakan rasa unik dan khas.

Rasanya yang sedikit pedas, Bandrek panas tepat diminum di musim hujan untuk menghangatkan tubuh. Kandungan rempah pada minuman bandrek dapat menjaga imun tubuh dan meningkatkan stamina.

4. Bajigur

Bandrek (foto: jajananpasarnusantara.blogspot.com)


Mirip dengan bandrek, minuman bajigur juga berasal dari Jawa Barat. Minuman berbahan santan, jahe dan gula aren ini menjadi minuman tradisional yang disukai masyarakat Jawa Barat. 

Rasa manis dan hangat dari minuman bajigur sangat cocok untuk menghangatkan tubuh di musim hujan. Minuman ini juga kaya akan kandungan energy dan bisa membantu menghilangkan rasa kantuk.
Bajigur yang memiliki tekstur kental dan gurih, menjadi semakin nikmat dengan adanya kolang-kaling yang kenyal dan segar, apalagi kalau dibarengi dengan kudapan tradisional yang manis dan gurih, seperti ubi rebus, kacang tanah rebus, dan makanan ringan lainnya.

Ditulis ulang oleh: Shabilah Aulia Zahra, mahasiswi semester 6
 

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])

Berita Terkait
makanan bergizi-1706179557
Soto Betawi-1704370616