38 Tahun Hilang Tentara India Akhirnya Ditemukan, Sudah Jadi Mayat

Nusantaratv.com - 17 Agustus 2022

Ilustrasi. (Net)
Ilustrasi. (Net)

Penulis: Mochammad Rizki

Nusantaratv.com - Mayat tentara India yang hilang 38 tahun lalu di gletser perbatasan yang disengketakan dengan Pakistan, akhirnya ditemukan.

Sebuah unit Angkatan Darat India men-tweet gambar peti mati Chander Shekhar yang dibungkus dengan bendera India pada Rabu pagi waktu setempat, dua hari setelah India merayakan ulang tahun kemerdekaan ke-75.

Angkatan Darat India menyebut Shekhar dikerahkan untuk Operasi Meghdoot pada tahun 1984 ketika India dan Pakistan bertempur dalam pertempuran singkat untuk merebut kendali atas Gletser Siachen, yang terkenal sebagai medan perang tertinggi di dunia, mengutip AFP.

Pada ketinggian lebih dari 18.000 kaki (5.486 meter) dengan suhu yang bisa turun hingga minus 50 derajat Celcius (minus 58 Fahrenheit), Siachen merupakan salah satu penempatan militer terberat di dunia.

Terletak di wilayah Ladakh, Himalaya, Siachen telah lama diperebutkan antara dua tetangga bersenjata nuklir itu.

Media lokal menyebut Shekhar adalah bagian dari kelompok beranggotakan 20 orang yang terjebak dalam badai es selama patroli.

Sebanyak 15 mayat ditemukan pada saat itu tetapi lima lainnya tidak dapat ditemukan, di antaranya Shekhar.

Pemakaman tentara India itu akan dilakukan dengan penghormatan militer penuh di negara bagian Uttarakhand, tempat keluarganya tinggal.

Putrinya, yang berusia empat tahun ketika dia hilang, mengatakan bahwa keluarga sekarang telah mendapat kejelasan.

"Dia telah lama pergi... Papa telah datang tapi saya berharap dia masih hidup," tulis surat kabar Hindustan Times mengutip sang putri.

Puluhan tahun setelah pertempuran pertama untuk Siachen tersebut, baik India maupun Pakistan terus mempertahankan kehadiran militer di daerah yang sangat terpencil ini.

Dapatkan update berita pilihan terkini di nusantaratv.com. Download aplikasi nusantaratv.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat melalui:



0

(['model' => $post])