10 Cara Alami Mengobati Ambeien

Nusantaratv.com - 22/05/2022 15:40

Ilustrasi penderita ambeien/ist
Ilustrasi penderita ambeien/ist

Penulis: Andi Faisal | Editor: Ramses Manurung

Nusantaratv.com-Ambeien adalah kondisi meradang atau bengkaknya pembuluh darah vena di sekitar anus. Kondisi juga sering disebut sebagai hemoroid atau lebih terkenalnya disebut sebagai wasir.

Ambeien bisa menyerang bagian luar dan dalam anus.

Karena itu, tanda dan gejala ambeien bisa berbeda-beda, tergantung dengan jenisnya.

Gejala ambeien luar di antaranya: 

-Daerah seputar anus terasa gatal atau muncul iritasi 
-Bagian anus terasa nyeri atau tidak nyaman 
-Area sekitar anus terasa membengkak 
-Ada darah saat buang air besar (BAB)

Sedangkan gejala ambeien dalam biasanya tidak terasa. Penderita baru merasakan gejalanya ambeien saat BAB, seperti: Ada darah saat BAB dan muncul benjolan kecil di anus yang menyebabkan nyeri dan iritasi. Jika darah menggenang di ambeien luar dan membentuk gumpalan, penderita bisa merasakan gejala:

-Sakit parah 
-Ambeien bengkak 
-Ambeien meradang 
-Ada benjolan keras di dekat anus.

Namun jangan khawatir karena ada beberapa cara alami untuk mengobati ambeien ringan, yaitu: 

1. Rendam dengan air hangat 

Rendam wasir dalam air hangat.

Penderita cukup duduk di ember berisi air hangat selama 15 menit beberapa kali sehari, terutama setelah BAB. Air hangat dapat meningkatkan aliran darah dan membantu mengecilkan pembuluh darah yang membengkak. Bila perlu, tambahkan garam untuk membantu mengecilkan ambeien.

2. Oleskan lidah buaya

Kandungan zat antiperadangan dalam lidah buaya dapat meredakan peradangan karena ambeien. Perlu diketahui, gunakan lidah buaya alami, bukan krim lidah buaya agar hasilnya maksimal.

3. Kompres dengan garam epsom dan gliserin

Ramuan sederhana ini bisa digunakan sebagai obat ambeien alami untuk dikompreskan dengan kasa ke area yang meradang. Cara membuat obat ambeien ini dengan mencampurkan dua sendok makan garam epsom dan dua sendok makan gliserin. Biarkan selama 15 menit. Baru bersihkan. Ulangi penggunaannya setiap empat hingga enam jam sekali sampai gejala ambeien mereda.

4. Oleskan witch hazel 

Witch hazel dikenal dapat mengurangi rasa sakit, gatal, dan mengatasi pendarahan ambeien. Kandungan tanin dan minyak dalam bahan alami ini dapat membantu mengatasi peradangan ambeien dan mencegah pendarahan.

5. Kompres es 

Es batu dapat meredakan pembuluh darah yang membengkak dengan cara mengecilkannya dan mengurangi ketidaknyamanan. Cara mengobati ambeien dengan kompres es batu bisa dengan membungkus es batu dengan kain. Gunakan untuk kompres di area ambeien selama 10-20 menit. Lalu ulangi lagi jika rasa tak nyaman kambuh.

6. Jaga kebersihan area anus 

Mengatasi ambeien juga perlu menjaga kebersihan area anus. Rajin bersihkan area pribadi tersebut dengan mandi sekaligus merendam anus dengan air hangat. Selama ambeien kambuh, jangan gunakan sabun atau tisu berbahan dasar alkohol dan mengandung pewangi. Keduanya bisa mengiritasi benjolan ambeien. Setelah rampung mandi dan membersihkan ambeien, pastikan untuk mengeringkan anus untuk mencegah kuman tumbuh di area yang lembab.

7. Makan cukup serat 

Selain menggunakan beragam cara mengobati ambeien secara alami di atas, penderita wasir wajib makan cukup serat setiap hari.

Dengan rajin makan serat, pendarahan dan nyeri akibat ambeien bisa dicegah. Pastikan memasukkan buah, sayur, nasi merah, biji-bijian, dan kacang-kacangan ke dalam menu makan sehari-hari. Selain itu, pastikan untuk minum banyak air putih untuk mencegah sembelit.

8. Hindari banyak duduk 

Saat penyakit kumat, mengatasi ambeien juga perlu menghindari banyak duduk untuk sementara waktu. Jika pekerjaan menuntut banyak duduk, pastikan penderita jalan-jalan ringan selama lima menit setidaknya satu jam sekali untuk mengurangi tekanan di area bokong. Untuk sementara, hindari juga olahraga yang menekan area pantat dan anus seperti bersepeda, squat, angkat beban. Pilih olahraga jalan cepat selama 20-30 menit untuk mendorong fungsi usus dan mencegah ambeien makin parah.

9. Tidur dengan kaki tergantung di atas 

Cukup berbaring sembari angkat kaki ke atas selama setidaknya setengah jam. Dengan posisi tersebut, sirkulasi darah ke tubuh bagian belakang meningkat, dan tekanan pada ambeien bisa berkurang. 

10. Jangan menahan BAB 

Menahan BAB dapat memicu sembelit, sehingga penderita ambeien perlu menekan area anus dan penyakit jadi lebih parah. Untuk itu, jangan menahan BAB. Segera ke kamar mandi saat tubuh sudah memberikan sinyal untuk segera mengosongkan isi perut.

Demikian informasi tentang beberapa cara alami mengobati ambeien, semoga bermanfaat. (dari berbagai sumber)


 

0

Komentar belum ada.
Otentifikasi

Silahkan login untuk memberi komentar.

Log in